Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2024 - Ungguli Marc Marquez, Jorge Martin Sukses Amankan Pole Position

By Ananda Lathifah Rozalina - Sabtu, 19 Oktober 2024 | 07:35 WIB
Pembalap Prima Pramac, Jorge Martin raij pole position di sesi kualifikasi MotoGP Australia 2024 (WILLIAM WEST/AFP)

JUARA.NET - Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin kembali membuktikan bahwa dirinya merupakan pembalap dengan kecepatan sulit ditandingi di sesi Kualifikasi MotoGP 2024, Sabtu (19/10/2024).

Sesi Kualifikasi Pertama (Q1) dimulai, sederet pembalap mencoba memacu motornya untuk mencatatkan dua lap tercepat agar bisa lolos ke sesi berikutnya.

Di sesi Q1 MotoGP Australia 2024 kali ini, Johann Zarco menjadi yang pertama mencatatkan waktu lap tercepat dengan 1 menit 43,481 detik.

Saat Zarco kembali ke pit, Pedro Acosta, Fabio Quartararo dan beberapa pembalap lainnya terus memacu motornya.

Posisi Zarco kemudian digeser oleh sesama pembalap Honda, Luca Marini sebelum dilampaui oleh Acosta yang mencatatkan waktu lap 1 menit 33,070 detik.

Tak lama setelah itu, Luca Marini memperbaiki catatannya menjadi 1 menit 32, 940 yang 0,130 detik lebih cepat dari Acosta.

Persaingan terus berlanjut antara Marini dan Acosta, Acosta kembali memimpin dengan catatan waktu 0.038 lebih cepat dari adik Valentino Rossi.

Acosta kemudian terus memperbaiki catatannya lagi di putaran lap berikutnya.

Sayangnya, di momen-momen akhir sesi, Enea Bastianini menggeser posisinya dengan catatan waktu lap 1 menit 29,738 detik.

Posisi Acosta lantas terus tergeser pembalap-pembalap lain hingga akhirnya ia keluar dari posisi dua terbesar dan terlempar ke posisi kelima.