Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kareem Abdul-Jabbar Jadi Duta Budaya Global

By Lilianto Apriadi - Kamis, 19 Januari 2012 | 10:27 WIB
Hillary Clinton dan Kareem Abdul-Jabbar.
Getty Images
Hillary Clinton dan Kareem Abdul-Jabbar.

Jabbar kini mempunyai kesibukan baru. Pemain legendaris Los Angeles Lakers itu baru saja didapuk sebagai Duta Budaya Global oleh Hillary Clinton, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat.

Tepatnya pada Rabu (18/1) waktu setempat, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan bahwa Abdul-Jabbar telah resmi menjadi Duta Budaya Global. Pria berumur 64 tahun itu bertugas mempromosikan tentang pentingnya pendidikan, toleransi sosial dan rasial, pemahaman budaya, dan menggunakan olahraga sebagai sarana pemberdayaan.

Kesepakatan tersebut merupakan bagian dari visi Clinton, yaitu menggabungkan diplomasi, pertahanan, dan pengembangan untuk menjembatani kesenjangan di dunia melalui anak-anak muda.

"Ini adalah kehormatan besar dan saya senang karena mereka melihat saya sebagai orang yang pantas melakukan pekerjaan ini," ujar Abdul-Jabbar seperti dikutip nba.com. "Jadi, sekarang saya bisa mengikuti jejak salah satu pahlawan saya, John F. Kennedy."

Sebagai tugas pertamanya, Abdul-Jabbar dijadwalkan bertolak ke Brasil pada Minggu (22/1). Di sana ia akan menghadiri beberapa acara yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan. Bukan itu saja, ia juga akan menggelar coaching clinic.

"Saya berharap bisa segera bertemu dengan orang-orang muda di seluruh dunia dan membahas cara-cara untuk memperkuat rasa saling memahami satu sama lain melalui pendidikan, melalui olahraga, dan melalui toleransi budaya yang lebih besar," ujar pencetak angka tertinggi di sepanjang sejarah NBA itu.

"Saya juga akan melakukan beberapa coaching clinic," tukasnya.

Sejak pensiun dari dunia basket pada tahun 1989, Abdul-Jabbar sering terlibat dalam sejumlah proyek yang berkaitan dengan sejarah Afrika-Amerika. Ia juga telah mendirikan Skyhook Foundation, sebuah badan yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan anak-anak melalui pendidikan dan olahraga.


Editor : Ade Jayadireja


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X