Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wawancara Handy Soetedjo:Idealisme untuk Indonesia

By Eko Widodo - Jumat, 20 Januari 2012 | 07:19 WIB
Handy P. Soetedjo, memilih Philadelphia 76ers demi memajukan bola basket Indonesia.
Bobby Arifin
Handy P. Soetedjo, memilih Philadelphia 76ers demi memajukan bola basket Indonesia.

Sosoknya simpel, kalem, namun teliti. Cocok dengan latar belakang pendidikan finance di University of Pittsburgh Katz Graduate School of Business, AS. Handy Purnomo Soetedjo, bersama dengan Erick Thohir, adalah part owner klub NBA Philadelphia 76ers, yang sedang merajai divisi Atlantik musim 2011/12.

BOLA sangat beruntung bisa mewawancarai Handy di kantor yang nyaman di gedung Energy, Jakarta. Sebab, ini adalah wawancara resmi pertama sebuah media dengan Handy, bapak dua anak yang suka menjadi orang di balik layar.

Apa yang menjadi latar belakang mengambil saham Philadelphia 76ers?

Saya memiliki latar belakang pebisnis. Maka, alasan saya adalah bisnis dan mendapatkan keuntungan. Saya juga ingin melihat chemistry dari orang yang menawari pengambilan 76ers. Ternyata cocok sehingga kami meneruskan pembicaraan bisnis.

Saya dan Erick memang punya idealisme ada orang Indonesia masuk ke NBA, lalu membawa basket ke Asia, dan dibesarkan di Indonesia. Kami juga masih menyimpan idealisme membangun stadion bola basket sebanyak mungkin di kantong-kantong bola basket di Tanah Air. Kami ingin bola basket berkembang di Indonesia.

Optimistis bola basket berkembang di Indonesia?

Harus optimistis. Saya belajar dari Amerika. Olah raga terpopuler di AS adalah american football, namun olah raga masyarakat adalah bola basket. Mengapa basket? Sebab murah dan tidak perlu biaya banyak. Nah, kalau lapangan basket banyak ditemui di kantong-kantong basket Tanah Air, itu akan memudahkan perkembangan cabang olah raga ini. Saya tidak bermimpi kita bisa mengalahkan popularitas sepak bola, namun kita berusaha mendekati bulu tangkis.

Apakah itu bisa diakomodasi lewat mendirikan Indonesia Sports Venture?
Indonesia Sports Venture itu didirikan untuk membawa nama Indonesia ke panggung NBA. Ternyata, kita dipercaya. Program kita selanjutnya adalah bisa membawa Indonesia menjuarai ASEAN Basketball League di tahun 2012 ini. Dan yang pasti kita berharap agar ada wakil tambahan dari Indonesia di ABL. Semakin banyak kita bermain di ajang internasional, pasti akan sangat baik untuk kompetensi pebasket Indonesia.

Kenapa pilihan ke 76ers?

Saat itu yang on sale adalah 76ers dan Atlanta Hawks. Namun sejarah 76ers lebih bagus dari Hawks.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X