Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ronaldinho Lebih Baik dari Messi

By Lilianto Apriadi - Selasa, 24 Januari 2012 | 17:59 WIB
Ronaldo de Assis Moreira (Ronaldinho)
Clive Rose/Getty Images
Ronaldo de Assis Moreira (Ronaldinho)

Bek kanan asal Brasil yang bermain untuk Barcelona periode 2004 hingga 2007, Juliano Belletti, menyatakan Ronaldinho lebih superior dibandingkan dengan Lionel Messi. Belletti juga menekankan tidak akan ada yang bisa menandingi Ronaldinho.

Belletti berpendapat seperti itu ketika ditanya siapakah pemain Barcelona nomor 10 yang lebih baik antara Ronaldinho atau Lionel Messi. Kemudian Belletti menyebut Ronaldnho yang lebih superior karena merujuk pada lawan-lawan Barca yang dihadapi ketika dirinya dan Gaucho masih bermain bersama.  

"Ronaldinho memiliki lawan yang besar pada masanya. Lihat saja (Zinedine) Zidane, (Luis) Figo. Dia juga mendapatkan banyak gelar semasa di Barcelona," ujar Belletti.

Belletti menganggap pencapaian Messi saat ini tidaklah lepas dari kualitas lawan yang kurang mumpuni. Berbeda dengan Ronaldinho yang bersinar pada masanya.

"Ya, Messi telah membantu banyak di Barcelona. Jika harus memilih antara Ronaldinho pada masanya atau Messi di waktu sekarang, Gaucho-lah yang saya pilih," tegas Belletti.

Belletti juga menganggap Barca asuhan Pep Guardiola tidak lebih baik dari Barcelona asuhan Frank Rijkaard, pelatihnya kala itu. Lagi-lagi Belletti membandingkannya dengan merujuk pada lawan-lawan yang dihadapinya kala itu.

"Kami bermain melawan Real Madrid yang saat itu bersinar dengan Zidane, Ronaldo, dan Figo. Milan dengan Kaka-nya, serta Liverpool yang tengah berada di puncak performa."

Pencetak gol kemenangan Barca di final Liga Champion 2005/2006 saat melawan Arsenal itu kemudian membandingkan sistem permainan Rijkaard dengan Guardiola.

"Kala itu kami bermain dengan sistem yang mapan, berbeda dengan Barca masa kini. Sekarang Anda tidak pernah tahu bagaimana mereka akan bermain. Kadang-kadang mereka sepertinya akan memasang formasi 3-7. Tiga bek dan tujuh penyerang."

Midweek ini Barcelona akan menjamu seteru abadinya, Real Madrid, di Camp Nou dalam perempat final Copa Del Rey Leg 2. Pada Leg 1, Barcelona memenangkan duel El Classico dengan skor 2-1 melalui gol yang dicetak Carles Puyol dan Eric Abidal.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X