Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

"La Masia" Akan Hadir di Indonesia

By Frengky Aruan - Rabu, 25 Januari 2012 | 19:28 WIB
FCB Escola Indonesia
Yohanes Sigit/Bolanews
FCB Escola Indonesia

bibit sepak bola di Indonesia kembali terbuka. Salah satu klub besar dunia, FC Barcelona, akan membuka sebuah akademi sepak bola lengkap dengan sistem yang diadaptasi dari La Masia bagi 250 anak-anak di Indonesia setiap tahunnya pada September mendatang.

Sudah bukan rahasia lagi sukses Barcelona di dunia saat ini tak terlepas dari pembinaan usia muda yang mereka lakukan di La Masia. Nama-nama seperti, Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Carles Puyol, Pedro, berangkat dari pembinaan yang dilakukan La Masia.

Saat ini, Barcelona akan memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk mewujudkan mimpi menjadi bintang lapangan hijau di level dunia dengan membuka sebuah akademi sepak bola layaknya La Masia dengan nama FCB Escola Indonesia yang rencananya akan dibuka pada September 2012 mendatang di kawasan Sentul, Jawa Barat.

Tujuan dibukanya FCB Escola Indonesia adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak yang memiliki potensi dan berbakat di Indonesia untuk mengembangkan talenta dan kemampuan dalam bermain sepak bola dan juga bisa membawa mereka meraih prestasi luar biasa dalam dunia olah raga.

Setiap tahunnya FCB Escola Indonesia menyediakan 250 tempat bagi anak-anak di Indonesia, tentunya dengan biaya yang cukup tinggi. Namun, akan diberikan program beasiswa bagi anak-anak berbakat dari seluruh Indonesia dengan kuota 10 persen dari jumlah total. Artinya, FCB Escola Indonesia menyediakan tempat bagi 25 anak berbakat yang kurang mampu untuk bisa mewujudkan mimpi mereka.

Direktur FCB Escola, Xevi Marce, mengungkapkan bahwa pembinaan di akademi yang akan dibuka September 2012 ini akan mengadopsi sistem pendidikan di La Masia, di mana akan memadukan antara pendidikan formal dan sepak bola. "Kami akan mengombinasikan pelatihan sepak bola dengan pendidikan formal berstandar internasional," ungkap Xevi dalam konferensi pers FCB Escola di Hotel Kempinski Jakarta Pusat, Rabu (25/1).

Pendidikan formal yang akan diterima oleh para siswa di FCB Escola Indonesia itu meliputi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Matematika, Sejarah Dunia, Ekonomi, dan Sains. Selain itu, para siswa akan dibekali dengan pembentukan karakter seperti menjadi orang yang sportif, mampu memimpin, bekerja sama, dan bisa menerima penolakan dan kekalahan secara bijak, di mana itu semua diyakini akan berguna untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Mengenai pemilihan Indonesia sebagai tempat pertama mereka membuka akademi sepak bola Barcelona di dunia, Xavi Marce mengatakan, "Kami di sini menemukan orang-orang hebat seperti Arief dkk (Arief Putra Wicaksono, Direktur Marketing FCB Escola Indonesia). Kami tahu sistem pembinaan sepak bola di sini mencemaskan, tetapi dengan adanya orang-orang seperti mereka, kami yakin program ini bisa berjalan dengan baik."




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X