Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wenger Puji Oxlade-Chamberlain

By Parlindungan Siahaan - Minggu, 29 Januari 2012 | 19:29 WIB
Alex Oxlade-Chamberlain
Clive Mason/Getty Images
Alex Oxlade-Chamberlain

Chamberlain. Pemuda berusia 18 tahun tersebut membuat debut sebagai starter pekan lalu ketika The Gunners bertemu Manchester United. Meski Arsenal kalah 1-2, Wenger menilai Chamberlain tampil luar biasa.

Oxlade-Chamberlain digaet Arsenal dari Southampton musim panas lalu dengan harga 12 juta pound atau sekitar 169 miliar rupiah. Musim pertamanya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Chamberlain lebih banyak berperan sebagai penghangat bangku cadangan dan Wenger tampak tidak mau mengambil resiko langsung memainkannya sebagai starter. Akan tetapi, Chamberlain mulai menemukan peruntungannya musim ini. Berkali-kali Wenger mempercayainya tampil walmeski hanya sebagai pemain pengganti, hingga akhirnya winger muda tersebut dipercaya sebagai starter melawan The Red Devils.

Meski lawannya adalah juara bertahan Liga Inggris, tapi Chamberlain seolah tidak peduli akan hal itu dan menampilkan performa yang luar biasa. Wenger pun tidak lupa memuji penampilan anak buahnya tersebut dengan menyatakan jika Chamberlain tampil konsisten sepanjang musim ini, bukan tidak mungkin pintu timnas terbuka untuknya.

"Anda tidak bisa menampik pemain muda sulit untuk bermain reguler. Tapi, bukan karena Anda muda berarti tidak bisa bermain. Kita akan lihat Chamberlain dalam tiga bulan ke depan. Jika dia bermain baik, mengapa tidak?" kata Wenger.

Wenger menambahkan dirinya tidak mengharapkan Chamberlain akan matang secepat ini. Tapi, Wenger terkejut melihat aksinya sewaktu bersua United dan berkata winger muda tersebut mampu mengatasi tekanan yang besar.

"Saya tidak begitu berharap dia akan matang secepat ini. Tiba-tiba Chamberlain bisa mengatasi tekanan yang besar dan memiliki kepribadian yang kuat untuk itu. Tapi, Chamberlain hanya benar-benar memainkan satu pertandingan, jadi mari kita lihat seberapa baik dia dalam beberapa bulan ke depan," lanjut The Professor.

Wenger sudah lama dikritik karena selalu memainkan pemain yang berasal dari luar daratan Inggris. The Professor menjawab kritik tersebut dengan banyak mempromosikan darah muda asli Britannia seperti Jack Wilshere, Theo Walcott, Kieran Gibbs, Carl Jenkinson, dan tentu saja Oxlade-Chamberlain.

"Mereka mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya di Arsenal. Para pemain muda ingin bergabung dengan kita karena mereka tahu bahwa mereka akan berkembang disini."

"Saya percaya seorang pemain harus bermain di level atas sejak usia 18 jika ingin menjadi pemain tim nasional Inggris, seperti John Terry, Rio Ferdinand, Wayne Rooney, dan juga Steven Gerrard."

Wenger berkata Chamberlain yakin dirinya akan berkembang bila bergabung dengan Arsenal dan diasuh oleh The Professor. Lebih lanjut, Wenger menegaskan dia akan memberikan kesempatan kepada Chamberlain dan pemain muda lainnya untuk membuktikan kemampuan mereka masing-masing dan berjanji akan memainkannya di saat mereka layak mendapatkan kesempatan itu.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X