Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Azarenka Cetak Sejarah Baru di Belarusia

By Lilianto Apriadi - Senin, 30 Januari 2012 | 15:23 WIB
Victoria Azarenka
Getty Images
Victoria Azarenka

Victoria Azarenka akhirnya memastikan diri sebagai penghuni terbaru peringkat satu WTA. Kepastian itu diperoleh berdasarkan rilis yang dikeluarkan WTA, Senin (30/1). Azarenka kini menjadi orang Belarusia pertama yang mampu memuncaki ranking WTA.

Keberhasilan petenis berusia 22 tahun itu menjuarai Grand Slam Australia Terbuka 2012 merupakan faktor utama pendongkrak peringkat Azarenka. Dalam laga final Australia Terbuka, Sabtu (28/1), ia mengalahkan Maria Sharapova dengan skor 6-3, 6-0. Azarenka kini disejajarkan dengan legenda tenis Belarusia, Natasha Zvereva, yang pernah merasakan gelar Australia Terbuka.

Kesuksesan itu tidak hanya membawa Azarenka merebut titel grand slam perdananya. Namun, untuk pertama kalinya juga ia menduduki peringkat teratas badan tenis wanita dunia itu. Azarenka naik dari peringkat tiga ke posisi nomor satu guna menggeser Caroline Wozniacki dari puncak WTA.

"Selamat kepada Victoria yang berhasil mencapai puncak dalam kariernya dan mampu menjadi petenis nomor satu WTA terbaru," ucap Stacey Allaster di WTA.com, Senin (30/1). "Sangat menyenangkan melihat ia berkembang menjadi pemain hebat dalam beberapa tahun terakhir. Saya menantangnya untuk mempertahankan prestasi ini selama ia masih muda," tambah Chairman & CEO WTA tersebut.

Kemenangan di Australia Terbuka membuat perolehan angka Azarenka bertambah 2.000 poin dan kini poin Azarenka telah mencapai 8.585 poin. Posisi kedua WTA ditempati semifinalis Australia Terbuka, Petra Kvitova, dengan 7.690 poin diikuti finlis Australia Terbuka, Maria Sharapova, dengan 7.560 poin. Sementara itu Wozniacki turun ke posisi empat dengan 7.085 poin.


Editor : Eky Rieuwpassa


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X