Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ricky Rubio Bernilai Tinggi Sebagai Starter

By Peksi Cahyo Priambodo - Selasa, 31 Januari 2012 | 14:46 WIB
Ricky Rubio, tampil istimewa melawan Houston Rockets.
Getty Images
Ricky Rubio, tampil istimewa melawan Houston Rockets.

habisan mengejar sosok Ricky Rubio ke Barcelona. Lewat pendekatan intensif, Rubio dan orangtuanya akhirnya bisa diyakinkan untuk bermain di NBA. Rubio berada di peringkat dua besar statistik rookie musim 2011/12 bersama Kyrie Irving (Cavaliers).

Rick Adelman, pelatih Minnesota sempat tak yakin dengan adaptasi cepat Rubio. Maka, ia tak memberikan posisi starter pada Rubio. Hasilnya, saat tak dimainkan sebagai starter, perolehan kemenangan Wolves hanya 3-7.

Beda ceritanya ketika ia menjadi starter. Kemenangan Wolves mencapai 7-4 saat ia dipasang sebagai starter.

Pebasket kelahiran 21 Oktober 1990 itu adalah master di babak kedua. Kepercayaan diri tinggi Rubio membuatnya tambah cemerlang di kuarter ketiga dan keempat. Saat menang 120-108 di kandang Rockets, Selasa ini, ia membuat 7 assist dan hanya 1 turnover. Sepanjang pertandingan, Rubio berkontribusi 18 angka 11 assist 8 rebound 3 turnover. Ia menembak masuk 6 dari 10 dan 2 dari 3 3pts.

Pada babak kedua tiga pertandingan terakhir (menang atas Spurs 87-79, kalah dari Lakers 101-106, dan menang atas Rockets 120-108), Rubio hanya membuat 1 turnover dan membuat 18 assist. Rasio assit/turnover Rubio adalah 18, fantastis! Dalam tiga gim itu, ia mencetak lebih dari 26 angka di babak kedua (saat menang atas Rockets, Rubio mengemas 14 poin di babak kedua).

Di musim ini, anak muda bernomor 9 ini sudah membuat 10 kali dobel digit assist, yang merupakan tertinggi di atas point guard manapun!

Rubio memimpin statistik assist di kuarter keempat dengan total 46 assist. Bandingkan dengan peringkat kedua yang ditempati Derrick Rose, MVP Reguler 2011, dengan 36 assist. Dalam tiga laga sebelum kemenangan atas Houston hari ini, Rubio selalu membuat 7 assist dan 0 (nol) turnover di kuarter empat!!!

Field goal Rubio di kuarter keempat 42% dan 3-pts mencapai 46,7%. Bandingkan statistiknya yang hanya 36,3% field di tiga kuarter pertama, dengan 3pts hanya 30,3%.

Dengan kemampuan hebat di kuarter keempat itu, T'Wolves menjadi tim yang sangat ofensif. Mereka mencatat poin di atas 100 empat kali dari tujuh gim terakhir dengan rataan skor 100,6 per gim.

Itulah jawaban eksak atas kerja keras meyakinkan Ricky Rubio bahwa kariernya akan bersinar terang di NBA.

Sumber data: ESPN, NBA.com, USAToday.com, dan berbagai sumber


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X