Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah Lagi, Indonesia Juru Kunci Pool B

By Eky Rieuwpassa - Jumat, 3 Februari 2012 | 19:19 WIB
Ayu Fani Damayanti
Dwi Ari Setyadi/BOLA
Ayu Fani Damayanti

Nasib sial dialami tim tenis Indonesia di Grup I Piala Fed zona Asia Oseania. Dalam tiga pertandingan di Pool B, Indonesia tidak meraih satupun kemenangan. Kekalahan dari Korea Selatan di laga terakhir yang berlangsung di Pusat Tenis Luoho, Shenzhen, Cina, Jumat (3/2), memastikan posisi Indonesia sebagai juru kunci Pool B.

Dari komposisi petenis yang diturunkan, kualitas pemain Indonesia masih kalah dibandingkan tim Korea. Dari empat petenis yang terdaftar, hanya Ayu Fani Damayanti yang memiliki peringkat terbaik dibandingkan dengan petenis nomor satu Korea, Kim So-Jung. Ayu berperingkat 223 sedangkan Kim berada di urutan 304. Sementara itu, peringkat tiga petenis Indonesia lainnya masih kalah dibandingkan dengan trio Korea.

Kalah dalam peringkat ternyata berpengaruh saat pertandingan di lapangan. Tunggal pertama Indonesia, Jessy Rompies, yang berperingkat 448 dunia harus mengakui keunggulan Han Sung-Hee (peringkat 340) dengan skor 4-6, 1-6. Kemenangan Sung-Hee membuat Korea unggul sementara 1-0.

Pada tunggal kedua pelatih Indonesia, Surya Wijaya, menurunkan Ayu Fani untuk melawan Kim So-Jung. Melalui pertandingan melelahkan, Ayu Fani akhirnya meraih kemenangan 6-2, 6-7 (6) atas So-Jung. Sukses Ayu Fani membuat kedudukan imbang 1-1.

Dalam laga terakhir, Indonesia menurunkan ganda Ayu Fani Damayanti/Jessy Rompies untuk melawan Han Sung-Hee/Mi Yoo. Pada set pertama, Ayu Fani/Jessy sempat memberi harapan menang setelah unggul di set pertama 6-7 (3). Namun, pada dua set selanjutnya permainan Ayu Fani/Hessy menurun. Kesempatan itu membuat Han Sung-Hee/Mi Yoo bangkit untuk meraih kemenangan 6-3 6-4. Kekalahan Ayu Fani/Jessi membuat Korea unggul 2-1 atas Indonesia.

Kekalahan itu memastikan posisi Indonesia sebagai penghuni peringkat terakhir Pool B. Dalam tiga pertandingan yang telah dimainkan, tim Merah-Putih tidak mampu meraih satu pun kemenangan. Sebelumya, Indonesia dikalahkan Thailand dan Kazakhstan.

Supaya tetap bertahan di Grup I zona Asia Oseania, Indonesia harus memainkan pertandingan play-off melawan juru kunci Pool A yang ditempati Uzbekistan. Partai play-off akan dimainkan pada 4 Februari.


Editor : Eky Rieuwpassa


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X