Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Andik Absen, Persebaya Cemas

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Minggu, 12 Februari 2012 | 09:40 WIB

Menjamu Persema Malang di Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya, Minggu (12/2) sore WIB, Persebaya Surabaya harus kehilangan pilar pentingnya, Andik Vermansyah. Absennya pemain timnas SEA Games 26 itu cukup membuat staf pelatih cemas jelang derby Jatim kali ini.

Andik harus absen di pertandingan ini karena hukuman akumulasi kartu kuning yang harus dijalaninya. Pada pertandingan terakhir menghadapi Persijap, wasit M. Syafei mengganjarnya dengan kartu kuning kedua yang didapatkannya musim ini.

Absennya pemain bernomor punggung 10 itu tampaknya cukup membebani tim tuan rumah. Pasalnya, sang pelatih Divaldo Alves pun sampai mengakui bahwa tidak hadirnya Andik bisa mempengaruhi permainan timnya di derby kali ini. "Andik pemain penting di tim ini. Dia selama ini menjadi starter. Kontribusinya juga sangat besar bagi tim ini," ujar Divaldo Alves.

Kesulitan mencari pengganti untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Andik pun harus diakui asisten pelatih Persebaya, Ibnu Grahan. Ibnu mengaku sulit mencari pengganti Andik yang memang sejak pertama sudah menjadi bagian penting dari skuad Bajul Ijo.

"Memang sangat disayangkan jika Andik harus absen karena sejak awal tim ini dibangun, Andik menjadi bagian utama dari tim ini. Harus kami akui, sulit mencari pengganti yang sepadan dengannya," ujar aasisten pelatih, Ibnu Grahan.

Namun, Persebaya tampaknya akan memberi kepercayaan kepada Feri Ariawan untuk menggantikan Andik sejak pertandingan dimulai. Feri dipercaya untuk mengisi lini tengah Persebaya dan mengalirkan bola-bola kepada Andrew Barisic di lini depan. "Feri cukup bagus selama ini. Saya harap dia tak melewatkan kesempatan ini. Persema lawan yang tepat bagi Feri untuk membuktikan kualitasnya," ujar Ibnu.

Meski ada kekhawatiran dengan absennya Andik, Persebaya diwajibkan meraih tiga poin penuh di laga kandang ini, terutama karena sebelumnya mereka harus menyerah 0-1 dari Persiba Bantul ketika bertanding di hadapan para Bonekmania.

"Tidak boleh kalah lagi, apalagi kali ini lawannya adalah Persema. Jangan sampai kecewakan suporter dan publik Surabaya yang sudah memberikan dukungan penuh," ujar CEO Persebaya, Gede Widiade.

Prakiraan pemain:

Persebaya (4-4-2): 30-Endra Prasetya (k), 3-Erol Iba, 5-Otavio Dutra, 15-Revalino Ardiles, 2-Mat Halil, 8-M. Taufiq, 4-Alexandre da Silva Mariano, 29-Mario Karlovic, 12-Rendi Irwan, 31-Feri Ariawan, 27-Andrew Barisic.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X