Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zambia Juara Baru Piala Afrika

By Lilianto Apriadi - Senin, 13 Februari 2012 | 05:58 WIB
Zambia vs Pantai Gading
Getty Images
Zambia vs Pantai Gading

7, Senin (13/2) dini hari WIB, di Stade d'Angondje, Gabon.

Laga final yang sangat menghibur tersaji di partai puncak Piala Afrika 2012. Zambia,tim yang notabenenya bukan tim yang dijagokan akan menjadi juara nyatanya mampu mengalahkan seluruh tim unggulan.

Tampil di final tidak dengan status tim favorit justru membuat Zambia bisa tampil lepas. Sebaliknya Pantai Gading gagal melepaskan beban di lapangan.

Pertandingan tensi tinggi langsung tersaji sejak menit pertama bergulir. Kedua kesebelasan sama-sama agresif untuk bisa mencetak gol. Peluang demi peluang bagus kerap terlihat lebih dari 90 menit laga berlangsung.

Pantai Gading yang diperkuat sejumlah pemain bintang seperti Didier Drogba, Kolo Toure, Yaya Toure, Gervinho, dan Salomon Kalou selalu gagal mencetak gol hingga waktu normal berkahir. Alhasil, untuk mendapatkan satu tim untuk dinobatkan sebagai juara, maka dilakukan babak perpanjangan waktu. Akan tetapi, sampai babak tambahan waktu dua kali 15 menit tuntas, skor tetap tidak berubah. Dengan begitu, drama adu penalti menjadi cara terkahir untuk mendapatkan satu tim juara.

Zambia akhirnya memastikan diri sebagai juara untuk pertama kalinya setelah mengalahkan Pantai Gading di drama adu penalti dengan skor 8-7. Kegagagalan Gervinho menunaikan tugasnya sebagai eksekutor di manfaatkan dengan baik oleh Mayuka yang menjadi penendang terkahir.

****
Susunan Pemain

Zambia: 16-Kennedy Mweene; 4-Joseph Musonda (Nyambe Mulenga 11), 6-Davis Nkausu, 13-Stophira Sunzu, 5-Hichani Himonde; 8-Isaac Chansa, 17-Rainford Kalaba, 19-Nathan Sinkala, 3-Chisamba Lungu; 11-Christopher Katongo, 20-Emmanuel Mayuka

Pantai Gading: 1-Boubacar Barry; 4-Kolo Touré, 22-Souleymane Bamba, 17-Siaka Chico Tiene; 19-Gneri Toure Yaya (Bony 86), 5-Didier Zokora (Didier Ya Konan 75), 9-Ismael Cheik Tioté, 6-Jean-Jaques Gosso; 11-Didier Drogba, 8-Salomon Kalou (Gradel 62), 10-Yao Kouassi Gervinho




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X