Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Togar Manahan Nero Mundur dari Pencalonan

By Peksi Cahyo Priambodo - Kamis, 16 Februari 2012 | 19:23 WIB
Togar Manahan Nero
Dany Permana/Tribun News
Togar Manahan Nero

2016, Togar Manahan Nero, langsung mengundurkan diri dari pencalonan tersebut, Kamis (16/2) sore WIB.

Komite Pemilihan (KP) hari ini mengumumkan nama-nama calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI yang akan dipilih pada Kongres Luar Biasa (KLB) yang memang diminta oleh lebih 2/3 anggota PSSI. Mantan anggota Komek PSSI, Togar Manahan Nero, pun masuk di antara 46 nama calon anggota Komite Eksekutif PSSI yang diumumkan KP.

Namun, hanya dalam hitungan jam, Togar datang ke kantor Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI) di Pintu I Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (16/2) sore. Mantan anggota komek periode 2007-2011 itu datang untuk memberikan surat pengunduran dirinya kepada KP.

Togar mengatakan ia tidak pernah mencalonkan diri kembali menjadi anggota komek. Namun, namanya muncul di antara calon anggota komek yang lain karena spontanitas anggota PSSI yang mencalonkan dirinya kembali menjadi anggota komek.

"Memang betul ada beberapa klub yang mencalonkan saya, tapi saya sudah jelaskan sebelumnya saya tidak bersedia dicalonkan kembali sebagai anggota komite eksekutif," ujar Togar Manahan Nero kepada wartawan di depan kantor KPSI, Kamis (16/2) sore WIB.

Togar juga menegaskan bahwa keputusannya mundur dari pencalonan didasarkan pada Keputusan Komite Normalisasi (KN) FIFA 2011 yang meminta anggota komek periode 2007-2011 untuk tidak kembali aktif sebagai pengurus selama empat tahun ke depan.

"Sebelumnya KN pernah mengatakan bahwa anggota komite eksekutif 2007-2011 tidak boleh lagi mencalonkan diri sebagai calon anggota komite eksekutif periode selanjutnya. Kita ingin KP tetap memegang keputusan tersebut yang mengatakan pengurus lama tidak boleh menjadi pengurus pada periode berikutnya. Jadi, itu alasan saya mundur dari pencalonan ini," ungkap Togar.

Dalam surat pengunduran dirinya pun Togar jelas menyebutkan bahwa ia mundur karena menghargai keputusan KN FIFA 2011. Togar pun meminta agar KP tetap menghargai putusan itu, dan tetap menjalankan amanah lebih dari 2/3 anggota PSSI yang meminta KLB.

"Saya minta pada Komite Pemilihan agar tetap menghargai keputusan Komite Normalisasi FIFA 2012 tersebut dan menjalankan Kongres Luar Biasa sebagai amanah lebih dari 2/3 anggota PSSI dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Statuta dan Regulasi lainnya," bunyi pernyataan Togar dalam surat pengunduran dirinya itu

Dengan mundurnya Togar dari calon anggota komek PSSI periode 2012-2016, maka sekarang calon anggota komek yang akan berkesempatan dipilih dalam KLB mendatang tinggal 45 orang.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X