Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lumat Brighton 6-1, Penantian Liverpool Berakhir

By Galih Rachdityo - Senin, 20 Februari 2012 | 01:59 WIB
Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Brighton
Michael Regan/Getty Images
Para pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Brighton

1 di Anfield, Minggu (19/2).

Kemenangan yang diraih The Reds, tidak lepas dari tiga gol bunuh diri yang dilakukan oleh pemain Brighton. Liam Bridcutt mencetak dua gol bunuh diri di menit ke-44 dan menit ke-71, sementara satu gol bunuh diri tambahan disumbangkan oleh Lewis Dunk di menit ke-75.

Liverpool, yang menguasai jalannya pertandingan, membuka keunggulan pada saat babak pertama baru berjalan lima menit. Tandukan Martin Skrtel yang memanfaatkan umpan sepak pojok yang dilakukan Steven Gerrard langsung membobol gawang Brighton. The Reds unggul 1-0 atas Brighton.

Kaget dengan gol cepat yang dilakukan tim tuan rumah, Brighton berusaha menyamakan kedudukan. Tekanan yang dilakukan tim tamu pun akhirnya membuahkan hasil. Melalui sebuah eksekusi tendangan bebas di menit ke-17, Kazenga Lualua berhasil membobol dinding pertahanan Liverpool dan menghasilkan gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kedudukan imbang membuat kedua tim kembali saling serang untuk meraih keunggulan terlebih dulu, tapi keberuntungan lebih berpihak pada kubu besutan Kenny Dalglish itu. Menjelang pertandingan babak pertama usai, Liverpool kembali menambah keunggulan. Tendangan pojok yang dilakukan Gerrard, disambar oleh Glen Johnson dan mengenai Bridcutt sehingga bola bergulir masuk ke gawang sendiri. The Reds pun menutup babak pertama dengan skor 2-1.   

Liverpool yang masih belum puas dengan keunggulan di babak pertama, kembali melakukan tekanan ke area pertahanan tim tamu. Melalui skema serangan balik, Stewart Downing memberikan umpan rendah terukur ke arah Andy Carroll yang berdiri bebas. Gol kembali tercipta dan Liverpool menambah keunggulan menjadi 3-1 di menit ke-57.

Meski unggul, Liverpool tidak juga mengendurkan serangan. Gol keempat kembali lahir dari gol bunuh diri yang dilakukan Liam Bridcutt di menit ke-71. Hanya berselang tiga menit, pundi-pundi gol Liverpool kembali bertambah dari proses gol bunuh diri yang dilakukan pemain Brighton. Kali ini melalui Lewis Dunk di menit ke-74 sehingga membuat skor kembali berubah menjadi 5-1.

Luis Suarez yang belum juga mencetak gol mendapatkan peluang di menit ke-80 melalui titik penalti, setelah Dirk Kuyt dijatuhkan di dalam area kotak terlarang. Suarez yang menjadi eksekutor, gagal memanfaatkan peluang itu setelah tendangan penaltinya di tepis kiper Brighton, Peter Brezovan.

Meski begitu, pemain asal Uruguay itu berhasil menebus kegagalannya dengan mencetak gol di menit ke-85. Umpan yang dilakukan Jose Enrique ditanduk Carroll yang mengarahkan bola pada Suarez. Liverpool kembali menambah keunggulan dan menutup pertandingan dengan skor 6-1.

Kemenangan ini membuat Liverpool maju ke babak perempat final Piala FA untuk menghadapi Stoke City, yang beberapa jam sebelumnya berhasil mengalahkan Crawley Town dengan skor 0-2 di Broadfield Stadium.


Editor : Galih Rachdityo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X