Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persipura Masih Berpeluang di LCA?

By Ade Jayadireja - Selasa, 21 Februari 2012 | 15:33 WIB
Boas Salossa
Nurdiansah/BOLA
Boas Salossa

3 dari Adelaide United di babak play-off Liga Champion Asia (LCA), Persipura dikabarkan masih memiliki peluang untuk tampil di kompetisi antarklub AFC itu karena munculnya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Adelaide United dengan memainkan pemain yang masih dalam status terhukum dari kompetisi AFC itu.

Lika-liku perjalanan Persipura di LCA musim ini tampaknya masih akan menjadi pembicaraan. Setelah sempat dinyatakan tak bisa mewakili Indonesia karena tampil di Indonesia Super League (ISL), yang dianggap ilegal oleh kepengurusan PSSI saat ini, Persipura akhirnya bisa tampil di babak play-off LCA usai memenangi gugatan mereka melalui Court of Arbitration for Sport (CAS), yang merupakan Badan Arbitrase Olah raga Internasional.

Sayangnya, Persipura harus langsung tersingkir dari LCA karena kalah 0-3 dari lawan mereka di babak play-off, Adelaide United. Namun, perjalanan mereka tampaknya masih belum berhenti karena kabarnya Adelaide United memainkan seorang pemain dengan status terhukum di kompetisi LCA, Cassio Jose De Abreu Oliviera.

Pemain Adelaide asal Brasil itu masih dalam status terhukum karena mendapat kartu merah di laga terakhir klubnya di LCA 2010 saat melawan Jeonbuk Hyundai Motors pada babak 16 besar. Cassio seharusnya dilarang tampil pada pertandingan berikutnya di kompetisi yang sama

Media Australia, AdelaideNow, hari ini,Senin  (20/2), melansir bahwa AFC tengah bersiap mengeluarkan keputusan mengenai adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan Adelaide karena memainkan Cassio saat melawan Persipura Jayapura di babak play-off LCA, Kamis (16/2) lalu. Jika Adelaide diputuskan bersalah, maka otomatis Persipura lolos ke babak penyisihan grup.

Jika Cassio akhirnya dinyatakan tak berhak bermain, Persipura bisa mendapatkan kemenangan 3-0 dan merebut tempat di Grup E LCA 2012 bersama wakil  Uzbekistan, Bunyodkor, Gamba Osaka dari Jepang, dan Pohang Steelers dari Korsel.

Sembari menunggu kelanjutan nasib mereka di LCA 2012, Persipura tetap masih harus berjuang di jalur hukum. CAS hingga saat ini belum membuat putusan akhir. Badan arbitrase itu hanya mengeluarkan putusan sela untuk memastikan hak keikutsertaan Persipura di LCA.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X