Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bilbao dan Valencia Lolos

By Husein Noval - Jumat, 24 Februari 2012 | 03:41 WIB
Iker Muniain, pahlawan Bilbao malam ini.
Athletic Club
Iker Muniain, pahlawan Bilbao malam ini.

Atletic Bilbao sukses melaju ke babak 16 besar Liga Europa setelah dengan susah payah menyingkirkan wakil Rusia, Lokomotiv Moskow. Wakil Spanyol lain, Valencia juga lolos usai mengalahkan Stoke City, Jumat (24/2) dini hari WIB.

Tampil di hadapan publiknya Stadion, San Mames, Bilbao dituntut untuk menang usai menelan kekalahan 1-2 di leg pertama.

Meski begitu laga ini tidaklah mudah untuk Bilbao. Justru Lokomotiv terlihat lebih berbahaya di awal-awal permainan. Bahkan Lokomotiv sudah punya peluang emas di menit pertama ketika tendangan Felipe Caicedo ditepis oleh kiper tuan rumah, Gorka Iraizoz.

Secara keseluruhan babak pertama berjalan seru dan cenderung keras. Kedua tim mempertontonkan permainan cepat dan terbuka. Meski kedua tim silih berganti melakukan serangan, nyatanya tak ada gol tercipta di babak pertama.

Di babak kedua Bilbao langsung mengambil inisiatif serangan guna memperoleh gol yang dibutuhkan. Tapi di saat genting ini Bilbao justru harus bermain dengan 10 pemain ketika Fernando Amorebieta diganjar kartu merah pada menit ke-60.

Kendati pincang, anehnya Bilbao malah bisa memecah kebuntuan dua menit kemudian melalui Muniain. Gol ini membuat agregat menjadi imbang 2-2, namun Bilbao unggul karena mencetak gol di partai away.

Di sisa pertandingan Lokomotiv mendominasi pertandingan. Mereka butuh satu gol untuk lolos. Sial untuk mereka, hingga peluit panjang berbunyi Bilbao tetap bisa mempertahankan skor 1-0. Hasil ini membawa Bilbao lolos dan akan bertemu pemenang laga Manchester United vs Ajax.

****

Wakil Spanyol lain, Valencia juga memastikan tiket ke 16 besar usai menekuk wakil Inggris, Stoke 1-0 di Mestalla.

Dalam duel di Mestalla, Valencia menang berkat gol tunggal yang dibuat Jonas di menti ke-24. Secara agregat El Che menang 2-0 menyusul kemenangan 1-0 di kandang Stoke pekan lalu.

Di 16 besar Valencia akan berjumpa wakil Belanda, PSV Eindhoven yang sukses menyingkirkan utusan Turki, Trabzonspor dengan skor agregat 6-2.


Editor : Husein Noval


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X