Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Akui Ada Keberatan dari Qatar

By Ade Jayadireja - Jumat, 24 Februari 2012 | 16:55 WIB
Djohar Arifin Husin
Erly Bahtiar/BOLA
Djohar Arifin Husin

Piala Dunia 2014 Zona Asia yang berlangsung 29 Februari mendatang.

Dalam daftar klasemen sementara Grup E Pra-Piala Dunia 2014 Zona Asia, Iran memuncaki klasemen dengan raihan 11 poin. Javad Nekounam dkk. unggul dua poin dari Qatar yang berada di posisi kedua. Sementara itu, Bahrain berada di tempat ketiga dengan selisih tiga poin dari Qatar.

Dengan hanya unggul tiga poin dari Bahrain, Qatar memang hanya membutuhkan hasil imbang saat melawan Iran untuk memastikan lolos ke putaran empat. Namun, mengingat mereka harus bertandang di laga terakhir ini, di mana peluangnya juga kecil, Qatar juga bergantung kepada laga pamungkas Bahrain yang menjamu Indonesia, di mana mereka berharap Bahrain tak akan meraih kemenangan besar.

Ya, jika Qatar kalah dari Iran dan Bahrain bisa mengalahkan Indonesia dengan minimal selisih sepuluh gol, maka Bahrain dipastikan yang akan melaju ke babak keempat Pra-Piala Dunia 2014 menemani Iran. Hal itu membuat Qatar tak hanya fokus pada pertandingannya melawan Iran, tapi juga peluang Bahrain kala menjamu Indonesia.

Kabar Indonesia yang akan membawa tim yang didominasi pemain muda kala bertandang ke Bahrain ternyata juga didengar oleh Qatar. Hal tersebut membuat mereka melayangkan surat kepada FIFA yang ditembuskan kepada PSSI dan menyatakan keberatan dengan perubahan skuad yang dilakukan oleh Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, pun mengakui kebenaran surat yang dilayangkan Qatar kepada FIFA itu. Namun, Djohar tak mau ambil pusing karena menurutnya penentuan skuad itu adalah hak dari masing-masing tim.

"Kita memang mendapat surat tembusan yang dikirimkan Qatar kepada FIFA. Jadi, Qatar membuat surat yang ditujukan kepada Sekjen FIFA. Mereka menyampaikan telah mendengar dari media massa di Indonesia kalau kita akan mengirim timnas U-23," ujar Djohar dalam keterangannya di Kantor PSSI, Jumat (24/2) sore WIB.

"Namun, kita tidak akan membalas surat mereka karena FIFA juga tidak mempertanyakan hal tersebut kepada kita. Lagipula itu urusan masing-masing tim untuk menyusun strategi dan menentukan skuad. Kita ke Bahrain untuk meraih poin di laga ini demi meningkatkan peringkat Indonesia di FIFA," lanjut Ketua Umum PSSI itu.

Timnas asuhan Aji Santoso yang akan berlaga di Bahrain itu malam ini, Jumat (24/2), akan melakukan uji coba melawan Persebaya Surabaya di Gelora Bung Tomo, Surabaya, sebelum bertolak ke Bahrain.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X