Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dodi Reza Ingin Bangun Sepak Bola Indonesia

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Rabu, 29 Februari 2012 | 18:23 WIB
Dodi Reza Alex Noerdin
Dwi Ari Setyadi/Bolanews
Dodi Reza Alex Noerdin

Misi yang seyogyanya akan dilakukan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) hingga 15 Maret mendatang, dibuka hari ini, Rabu (29/2), dengan pemaparan dari tiga calon anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2012-2016. Ketiga orang itu adalah Dodi Reza Alex Noerdin, Gusti Randa, dan Irawadi D. Hanafi.

Selain ketiga calon anggota Komek itu, hadir pula dua orang yang bertindak sebagai panelis, yakni Tommy Welly dan Demis Djamaoeddin. Kedua orang panelis itulah yang akan menilai visi dan misi yang disampaikan ketiga calon itu.

Dodi Reza Alex yang mendapatkan kesempatan pertama menyampaikan  kalau visinya yakni ingin membangun sepak bola Indonesia ke arah lebih modern. Sepak bola, nantinya juga sangat diharapkan bisa berlandaskan keprofesionalismean, integritas dan kinerja yang baik.

"Profesional, artinya Ketua Umum harus berpegang pada asas Profesional. Ketum juga harus taat Statuta PSSI. Sementara itu, Integritas mencangkup beberapa hal yang diperlukan dalam sepak bola."

Beberapa hal itu, kata Dodi, yakni fair play, toleransi, keolahragawanan, dan transparan. Mengenai kinerja kepengurusan, Dodi Reza Alex menyebutkan kalau pengurus harus punya standar, punya kualitas serta mengarah ke sebuah prestasi.

Sedangkan untuk misinya, Dodi memaparkan lima hal penting yang diusungnya. "Satu, PSSI harus menjalankan roda organisasi sesuai dengan statuta, serta aturan FIFA dan AFC. Yang kedua, pengurus harus bisa menciptakan iklim sepak bola yang kondusif dan aspiratif," terang Dodi.

Sementara yang ketiga, PSSI, kata Dodi harus bisa membangun kompetisi secara berjenjang. "Yang keempat PSSI harus mewajibkan klub tidak hanya mengejar prestasi, tapi juga industrialis. Kelima, pengurus harus bisa membangun sepak bola sampai ke daerah. Karena itu, diperlukan peran serta pengprov."


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X