Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Robben Beri Suporter Inggris Mimpi Buruk

By Arnoldi - Kamis, 1 Maret 2012 | 05:02 WIB
Arjen Robben
Getty Images
Arjen Robben

2 di menit-menit akhir laga saat keduanya bertemu di pertandingan uji coba di Wembley, Kamis (1/3) dini hari WIB.

Inggris memulai pertandingan dengan lambat. Mereka seolah-olah membiarkan Belanda menekan mereka pada 15 menit awal babak pertama dan menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik cepat.

Taktik itu cukup berhasil karena Inggris menciptakan beberapa peluang emas untuk mencetak gol. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat The Three Lions kesulitan mencetak angka.

Sadar kalau serangan-serangan Belanda lebih berbahaya ketimbang serangan mereka, Inggris mulai meningkatkan tekanan mereka di paruh kedua babak pertama. Sayang Inggris cukup kesulitan menembus ketatnya pertahanan tim Oranje. Akhirnya skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih sementara timnas Inggris, Stuart Pearce, melakukan beberapa pergantian untuk memecah kebuntuan. Namun, pergantian yang dilakukannya ternyata kalah ampuh dari pergantian pemain yang dilakukan pelatih timnas Belanda, Bert van Marwijk. Buktinya Inggris tertinggal 0-2 dalam dua menit babak kedua.

Gol pertama yang membobol gawang Joe Hart terjadi pada menit ke-57. Gol itu dicetak lewat aksi solo run Arjen Robben, yang diakhiri dengan sepakan kaki kiri ke sudut kiri bawah gawang Inggris. Sedangkan gol kedua yang membobol gawang Inggris terjadi pada menit ke-58 lewat sundulan Klaas Jan Huntelaar menyambut umpan silang Dirk Kuyt.

Tertinggal 0-2, Inggris berusaha untuk lebih mendominasi pertandingan. Hart cs. lebih ngotot dalam merebut bola dan menekan pemain-pemain Belanda di daerah pertahanan mereka. Taktik itu cukup sukses. Inggris berhasil memperkecil selisih gol dan menyamakan kedudukan.

Gol yang memperkecil ketertinggalan Inggris dicetak oleh Gary Cahill pada menit ke-85. Lolos dari jebakan off-side dan mengecoh satu pemain Belanda, bek anyar Chelsea itu melepaskan tembakan terukur ke sudut kanan gawang Maarten Stekelenburg memanfaatkan umpan terobosan Leighton Baines.

Sedangkan gol penyama kedudukan dicetak oleh Ashley Young pada menit ke-91. Bola dari Theo Walcott kepada Phil Jones langsung disodorkan ke Young, yang lolos dari jebakan off-side. Dengan tenang pemain Manchester United tersebut merobek gawang Belanda dengan tendangan kaki kanannya.

Sayang, kegembiraan publik Inggris itu hanya bertahan satu menit. Publik Inggris harus kembali terhenyak setelah Robben mencetak gol ketiga bagi Belanda. Menerima header pass dari Mark Van Bommel, Robben langsung melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan atas gawang Inggris. Hasil 3-2 pun bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain
Inggris:
Joe Hart, Chris Smalling (Phil Jones 63), Gary Cahill, Leighton Baines, Micah Richards, Gareth Barry (James Milner 46), Scott Parker, Adam Johnson (Stewart Downing 64), Ashley Young, Danny Welbeck (Fraizer Campbell 80), Steven Gerrard (Daniel Sturridge 33, Theo Walcott 88)

Belanda:
Maarten Stekelenburg, Joris Mathijsen, John Heitinga, Erik Pieters (Stijn Schaars 46), Khalid Boulahrouz (Rin Vlaar 82), Mark Van Bommel, Nigel De Jong, Arjen Robben, Dirk Kuyt, Robin Van Persie (Klaas Jan Huntelaar 46, Luuk de Jong 63), Wesley Sneijder (Urby Emanuelson 76)


Editor : Arnoldi


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X