Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pedro Bawa Macan Kemayoran Unggul di Babak I

By Frengky Aruan - Minggu, 4 Maret 2012 | 16:22 WIB
Pedro Javier
Nurdiansah/Bolanews
Pedro Javier

0 atas Persiba Balikpapan di 45 menit pertama lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Minggu (4/3) sore WIB. Pedro Javier menjadi pahlawan Macan Kemayoran melalui dua gol yang diciptakannya.

Kedua tim yang bermain di bawah guyuran hujan deras sudah mulai saling serang sejak awal pertandingan. Menit kelima, Persija lebih dulu mendapat peluang di depan gawang melalui kaki Pedro Javier. Sayang, hanya tinggal berhadapan dengan kiper Persiba, I Made Wirawan, Pedro gagal menembak bola dengan baik.

Dua menit berselang giliran Persiba yang membuat peluang. Aldo Baretto berhasil mendapat umpan terobosan dan lolos dari offside. Namun, tembakan striker Persiba itu masih mengarah ke samping kiri gawang Persija. Aldo kembali mendapat peluang pada menit ke-13 setelah menerima umpan terobosan dari Kenji Adachihara. Namun, tembakan kerasnya ke arah gawang Persija masih membentur pemain bertahan tim tuan rumah.

Tak mau begitu saja ditekan, Persija berusaha bermain cepat dalam melakukan serangan. Pedro Javier pun mendapat peluang melalui shooting keras yang dilakukannya pada menit ke-16. Tembakannya itu mengarah tepat ke gawang Persiba, tapi masih bisa dihalau dengan baik oleh I Made Wirawan.

Menit 20 giliran Bambang Pamungkas yang mengancam gawang I Made Wirawan. Memanfaatkan bola rebound setelah I Made Wirawan menahan tembakan Rahmat Afandi, Bepe melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti. Namun, lagi-lagi bola masih bisa dimentahkan oleh Made Wirawan.

Ahmad Sembiring mengancam gawang Persija pada menit ke-22 melalui tendangan bebas yang dilepaskannya. Namun, Galih Sudaryono dengan cemerlang menepis bola ke atas.

Akhirnya Pedro Javier memecah kebuntuan pada menit ke-29. Mengeksekusi tendangan bebas dari jarak yang cukup jauh, Pedro langsung melepaskan tembakan keras yang menghujam jala di pojok kanan atas gawang Persiba Balikpapan. Persija pun unggul 1-0.

Persiba Balikpapan tak langsung jatuh. Tim tamu tetap berusaha menekan. Salah satunya melalui peluang yang mereka dapatkan pada menit ke-35. Tembakan keras dilepaskan Asri Akbar ke arah gawang Persija. Namun, Galih Sudaryono dengan cemerlang menghalau bola.

Justru akhirnya Persija Jakarta yang menggandakan keunggulan. Pedro Javier kembali membuat The Jakmania kembali bersorak pada menit ke-38. Berawal dari kesalahan I Made Wirawan yang salah mengantisipasi tembakan Ismed Sofyan, bola yang sempat membentur mistar dan tiang kanan gawang bergulir bebas di depan gawang Persiba. Pedro yang berada di dekat bola tak membuang kesempatan untuk mencetak gol keduanya pada laga ini.

Persiba berusaha memperkecil ketertinggalan sebelum turun minum. Tandukan kepala Aldo Baretto pada menit ke-43 menjadi peluang yang sangat bagus. Tapi, Galih Sudaryono masih mampu mengentikan bola dengan baik. Akhirnya Persija pun menutup babak pertama dengan unggul 2-0.

****

Susunan pemain:

Persija: 1-Galih Sudaryono, 13-Hasyim Kipuw, 14-Ismed Sofyan, 15-Fabiano Beltrame, 28-Ngurah Nanak, 21-Amarzukih, 10-Robertino Pugliara, 7-Ramdani Lestaluhu, 27-Rahmat Afandi, 20-Bambang Pamungkas, 25-Pedro Javier.

Cadangan: 26-Andritany, 23-Leo Saputra, 35-Syahroni, 17-Delton Stevano, 4-Reza Agamal, 19-Johan Juansyah, 9-Rudi Setiawan.

Persiba: 15-I Made Wirawan, 19-Iqbal Samad, 26-Tomislav Labudavic, 77-Rahmad Latief, 13-Saiful L, 39-Hery Susilo, 6-Asri Akbar, 8-A. Sembiring, 18-Matsunaga Shoei, 17-Aldo Baretto, 9-Kenji Adachihara.

Cadangan: 1-Yanuar, 29-Hamdi Hamzah, 2-Deni Joko, 22-Sultan Samma, 23-M. Bahtiar, 28-Stevanus bungaran, 24-Eky Nurhakim.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X