Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Radovic Selamatkan Persib dari Kekalahan

By Frengky Aruan - Minggu, 11 Maret 2012 | 20:47 WIB
Miljan Radovic, golnya dari titik putih urungkan Persib terima kekalahan di kandang.
Dwi Ari Setyadi/Bolanews
Miljan Radovic, golnya dari titik putih urungkan Persib terima kekalahan di kandang.

Upaya tiada henti yang dilakukan para punggawa Persib akhirnya berbuah manis. Sebuah gol bisa mereka ciptakan untuk menghindarkan Persib dari kekalahan dalam bentrok melawan Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung, Minggu (11/3). Dengan hasil itupula Persib bisa menjaga rekor tak terkalahkan di kandang sendiri.

Namun, terjaganya rekor Persib di kandang tak boleh dilepaskan dari dukungan yang diberikan suporter setia, Bobotoh. Dukungan itu jugalah yang membuat Persib Bandung tampil percaya diri di laga kontra Persela. Terbukti, Persib coba mengkonversi sorak-sorai pendukung dengan tampil menekan sekaligus memberi ancaman guna membuka peluang lebih dulu.

Pada menit ke-19, peluang pun menghampiri kubu Persib. Namun bola hasil sepak pojok yang meluncur ke depan gawang Persela masih bisa dimentahkan Choirul Huda, kiper Persela. Bola yang muntah itu sendiri coba dimanfaatkan oleh Tony Sucipto. Sayang, bola sepakan kerasnya belum menemui sasaran. Pun demikian dengan bola hasil sepakan Miljan Radovic dari tendangan bebas pada menit ke-21.

Meski demikian, Persib tetap tak berhenti. Diiringi nyanyian yang dikumandangkan suporternya, mereka terus memberi tekanan kepada tim tamu. Pada menit ke-35, Persib pun dihampiri sebuah peluang emas. Namun lagi-lagi, peluang itu gagal menjadi gol.

Yang lebih menyakitkan, Persib justru kebobolan lebih dulu sebelum laga di babak pertama benar-benar berakhir. Adalah sebuah sepakan indah yang dilakukan Mario Costas pada menit ke-43, yang membuat Persib harus tertinggal hingga turun minum.

Untungnya ketertinggalan itu tak menurunkan mental para punggawa Persib. Dengan semangat yang justru kian membara, Persib terus berupaya untuk bisa mencetak gol balasan. Tapi keberuntungan seakan tak berpihak pada kubu Persib. Sejumlah kesempatan yang dimiliki tak kunjung membuahkan hasil.

Situasi itu sendiri belakangan direspon oleh sang pelatih, Drago Mamic. Sadar skuadnya tak kunjung mencetak gol, ia melakukan beberapa pergantian. Pada menit ke-59, ia menarik Airlangga untuk digantikan dengan Aliyudin. Dan tujuh menit berselang, Mamic memasukkan Robbie Gaspar untuk memperkuat lini depan Persib.

Tapi apa mau dikata, upaya yang dilakukan sang arsitek tak juga membawa hasil positif ke skuad Persib. Sejumlah upaya, baik itu dari tendang bebas maupun sebuah percobaan dari luar kotak penalti, masih belum menemui sasaran.

Kendati begitu, Persib tak menyerah. Berbagai ancaman terus dilakukan. Pada menit ke-86, sebuah peluang emas pun kembali didapatkan. Kali ini setelah wasit menunjuk titik putih akibat M. Ilham dijatuhkan Suroso di kotak penalti Persela.

Tak seperti sebelumnya, kesempatan Persib di situasi yang mengkhawatirkan itu sukses dikonversi Miljan Radovic menjadi gol. Gol yang dicipta Radovic itupula yang membuat Persib terhindar dari kekalahan di kandang.

Susunan Pemain

Persib: 1-Jendri Pitoy (GK), 3-Zulkifli Sukur, 6-Abanda Herman, 5-Maman Abdulrahman (C), 16-Tony Sucipto, 24-Hariono (M.Nasuha 83'), 50-Miljan Radovic, 7-Atep (Robbie Gaspar 67'), 17-M.Ilham, 10-Moses Sakyi, 9-Airlangga (Aliyudin 59')

Cadangan: 32-Cecep Supriyatna (GK), 18-Jajang Sukmara, 11-Robbie Gaspar, 2-M.Nasuha, 13-M.Agung, 20-Budiawan, 15-Aliyudin

Persela: 1-Choirul Huda (GK), 15-Roman Golian, 13-Suroso, 5-Taufiq Kasrun, 6-Dedi Indra Sampurna, 44-I Gede Sukadana (C), 7-Aris Alfiansyah (Mario Rokhmanto 90+'), 19-Jimmy Suparno, 11-Sathosi Otomo (Zaenal Arifin 9') (Pitono 90+'), 9-Geri Setia, 18-Mario Costas

Cadangan: 21-Ali Barkah (GK), 3-Pitono, 14-Fathulrahman, 30-Eki Taufik Febriyanto, 2-Zaenal Arifin, 70-Mario Rokhmanto, 10-Rudi Widodo


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X