Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Belajar dari Perugia, Juve!

By Husein Noval - Senin, 12 Maret 2012 | 00:27 WIB
Antonio Conte
Getty Images
Antonio Conte

Betul Juventus belum pernah kalah di Serie A musim ini, tapi itu tak menjamin skuad asal kota Turin itu bakal juara. Faktanya, hasil imbang yang di raih Juve lebih banyak dari kemenangan. Nah!

Hasil imbang terakhir diperoleh Juve saat menghadapi Genoa di pekan ke-27 Ahad (11/3). Ini merupakan hasil seri ke-14 sepanjang musim ini, melewati angka kemenangan Andrea Pirlo cs. sebanyak 13 kali.

Serie A musim 1978/79 bisa menjadi pelajaran penting untuk Antonio Conte. Ketika itu Perugia tak terkalahkan sepanjang musim, namun mereka gagal menjadi juara.  Bermain 30 kali Perugia menang 11 kali dan 19 kali imbang.

Di klasemen akhir musim Perugia kalah 3 poin dari AC Milan. Ya, meski menerima tiga kekalahan musim itu, namun Rossoneri menjadi juara karena meraih 17 kemenangan dan 10 imbang.

Melihat rekor hasil imbang Juve musim ini, sebenarnya banyak diantara laga itu yang seharusnya bisa dimenangkan. Hasil imbang melawan Genoa, Siena, Bologna, Cagliari, dan Chievo di kandang sendiri semestinya bisa dihindari. Inilah kuncinya, anda dituntut menang di laga yang diatas kertas wajib dimenangai.

Sebaliknya meski sudah menelan empat kekalahan musim ini, namun Milan sanggup memenangi partai-partai melawan tim semenjana. Ini bisa menjadi faktor penentu diakhir musim nanti.

Bicara soal permainan di lapangan jujur saja Juve lebih impresif dari Milan. Rata-rata Juventus membuat 18 tendangan kearah gawang per laga, bandingkan dengan Milan yang cuma 15. Demikian juga dari catatan ball possesion. Bila dihitung rata-rata per pertandingan, Juve meraih 60 persen penguasaan bola, sementara Milan kalah tipis dengan 59 persen.

Inilah yang membedakan Juve dan Milan musim ini. Milan tak selalu tampil baik, namun mereka malah bisa menang meski tampil di bawah form terbaiknya. Layaknya Perugia musim 78/79, Juve musim ini punya rekor pertahanan terbaik. Tapi seperti Perugia mereka juga terancam gagal menjadi juara meski mengakhiri musim tanpa kalah.

Yang jelas Conte masih punya cukup waktu untuk berbenah karena Serie A masih menyisakan 11 pekan lagi.


Editor : Husein Noval


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X