Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Faktor Psikologis Adalah Masalah Utama Torres

By Husein Noval - Rabu, 14 Maret 2012 | 01:36 WIB
Roberto Di Matteo
Getty Images
Roberto Di Matteo

Pelatih sementara Chelsea, Roberto Di Matteo menyebut masalah psikologis sebagi faktor utama menyebab turunnya performa Fernando Torres bersama The Blues.

Sejak datang dari Liverpool Januari 2010, Torres cuma bisa membuat lima gol bersama Chelsea.

Wow, jumlah yang amat sangat minim untuk seorang striker berharga 50 juta pound. Lionel Messi saja  bisa membuat lima gol dalam satu pertandingan, dan Torres butuh lebih dari satu tahun untuk membuat torehan gol yang sama.

Soal ini Di Matteo punya pendapat. Menurutnya lulusan akademi Atletico Madrid itu terbebani faktor psikologis, dan masalah itu hanya Torres sendiri yang bisa memperbaikinya.

"Dia mempunyai masalah psikologi dan hanya Fernando yang bisa memecahkan masalah itu. Bila dia membutuhkan saya maka saya selalu siap di sini, tapi yang jelas perubahan harus datang dari dirinya sendiri," ujar lelaki berkebangsaan Italia itu kepada Sky Sports.

"Dia tak perlu berpikir soal berapa harga yang harus dikeluarkan klub. Dia harus konsentrasi hanya kepada permainan dan bukan soal mencetak gol ataupun membuat assist dan membuat set play yang bagus setiap kali mendapat bola."

"Tak perlu dia berpikir untuk mencetak gol, hanya perlu berpikir bagaimana bermain sepak bola sederhana. Sisanya nanti akan menyusul. Pendekatan saya kepada Fernando akan selalu alami," lanjutnya.

Kritik lain dari Di Matteo adalah soal kepercayan diri, dan itu memang jelas terlihat. Bila anda seorang pendukung fanatik Liverpool yang dulu sering melihat permainan Torres bersama The Reds, tentu anda akan merasakan adanya perbedaan mencolok dari sisi kepercayaan diri El Nino saat berkostum The Blues.

"Dia hanya perlu mengembalikan rasa percaya diri. Torres adalah striker hebat dan saya yakin dia tidak lupa bagaimana caranya membuat gol," tambah Di Matteo.

"Dia salah satu penyerang terkuat di dunia. Dia telah mencetak banyak gol dalam beberapa tahun terakhir dan saya yakin dia akan terus melakukannya di masa depan. Dia akan sukses karena masih muda," tuntasnya.


Editor : Husein Noval


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X