Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Empat Pemain Indonesia Timba Ilmu di Italia

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Rabu, 28 Maret 2012 | 15:05 WIB
(Ilustrasi) Pemain muda Indonesia terus mendapat kesempatan belajar di luar negeri.
Peksi Cahyo/Bolanews
(Ilustrasi) Pemain muda Indonesia terus mendapat kesempatan belajar di luar negeri.

Empat pemain Indonesia berusia 17 tahun yang selama ini menuntut ilmu sepak bola di Liverpool College mendapat kesempatan emas untuk berlatih di Italia. Dengan bekal pengalaman yang ada, mereka akan langsung dilatih oleh para pelatih dari Italia.

Demikian kata Rayana Djakasurya, pengamat sepak bola yang juga merangkap sebagai promotor keempat pemain  yang terdiri dari Triaji Nugroho, Afif Afiandi, Hendra Pamugkas, dan Darryl Darrent itu kepada wartawan via telepon, Kamis (28/3).

Berdasarkan informasi yang didapat dari Rayana itupula, keempat pemain itu dikabarkan hari ini waktu setempat, akan melakukan latihan perdananya. "Mereka akan dilatih langsung oleh pelatih dari Italia," kata Rayana.

Ditambahkannya, latihan itu sendiri nantinya bisa menjadi pintu bagi para pemain Indonesia untuk berkiprah di klub-klub ternama Italia atau lebih jauh Spanyol atau Inggris. "Karena, mereka dipersiapkan untuk disalurkan ke sejumlah tim junior, salah satunya Juventus," terang Rayana.

Rayana secara pribadi meyakini program seperti ini sangat  baik untuk keempat pemain itu. Pasalnya, selain akan dibekali teknik bermain, mereka juga akan mendapatkan paket lengkap terkait sepak bola modern. "Yang paling penting mereka mempelajari budaya disiplin sepak bola."

Budaya itulah yang dikatakan Rayana belum dimiliki oleh para pemain sepak bola Indonesia. "Jadi, mereka harus belajar mengatur waktu, mulai makan, tidur tepat waktu, dan hal kedisiplinan yang lain. Selama ini hal itu tidak diperhatikan oleh klub Indonesia," ujar Rayana.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X