Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

La Nyalla: Semua Pemain Berhak Bela Timnas

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Minggu, 1 April 2012 | 12:55 WIB
Ketua Umum PSSI versi KPSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti.
Arief Bagus/Bolanews
Ketua Umum PSSI versi KPSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Ketua Umum PSSI versi KPSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menegaskan semua pemain sepak bola di Indonesia berhak membela tim nasional demi mewujudkan tekad menjadi Macan Asia. Menurutnya, timnas yang akan dibentuk pihaknya tak akan membedakan antara pemain yang membela klub Indonesia Super League (ISL) maupun Indonesia Premier League (IPL).

PSSI versi KPSI telah mengadakan Rapat Komite Eksekutif (Komek) PSSI untuk kedua kalinya. Dalam rapat yang diadakan di Hotel Kempinski Jakarta, Sabtu (31/3) sore WIB, itu ada salah satu agenda pembahasan mengenai persiapan pembentukan timnas dan penunjukkan pelatih.

Rencananya timnas yang dibentuk PSSI kepengurusan La Nyalla akan diasuh oleh mantan pelatih timnas saat Piala AFF 2010, Alfred Riedl. Sementara untuk timnas U-23, PSSI akan menunjuk Rahmad Darmawan. Selain itu, dalam pembentukannya, pelatih akan melakukan talent scouting dengan berkeliling Indonesia mencari pemain yang cocok.

La Nyalla pun menegaskan bahwa semua pemain di Indonesia akan memperoleh kesempatan membela timnas tanpa terkecuali. Ketua PSSI versi KPSI itu mengatakan pemain timnas tak akan hanya diisi oleh pemain yang membela klub ISL. Para pemain di klub IPL pun juga akan mendapatkan kesempatan yang sama.

"Pemain-pemain yang berlaga di IPL juga tetap bisa membela timnas. Tidak akan ada batasan apakah ia bermain di klub yang berlaga di ISL maupun IPL. Yang penting saat SEA Games nanti kita sudah bisa jadi Macan Asia," ungkap La Nyalla.

Ketika dikonfirmasi apakah pemain dari klub IPL yang merupakan pecahan klub-klub ISL juga berhak membela timnas, La Nyalla menegaskan tak hanya pemain dari empat klub anggota PSSI yang berlaga di IPL yang memiliki kesempatan, tetapi dari ke-12 klub yang berlaga di kompetisi itu.

"Untuk klub IPL, tidak hanya dari empat klub anggota yang pemainnya bisa bermain di timnas, tapi dari semua klub yang ada di sana. Kita akan membawa nama Indonesia dengan timnas itu, bukan membawa nama saya atau salah satu kelompok. Semua itu agar Indonesia kembali menjadi Macan Asia," tegasnya.

Sementara mengenai kepastian Alfred Riedl datang kembali menangani timnas diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI versi KPSI yang juga Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Rahim Soekasah. "Riedl pekan depan sudah datang. Kami akan memintanya memantau seluruh pemain yang ada, baik di ISL maupun di IPL," ujar Rahim.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X