Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Park Ji Sung: Kualitas Sepak Bola Asia Membaik

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 7 April 2012 | 17:07 WIB
Park Ji Sung
Alex Livesey/Getty Images
Park Ji Sung

Park Ji Sung dapat dikategorikan sebagai salah satu pemain Asia yang sukses mengadu nasib dalam ketatnya kompetisi Eropa. Berseragam Manchester United sejak Juli 2005, pemain asal Korea Selatan itu bertransformasi menjadi salah satu senjata pamungkas manajer The Red Devils, Sir Alex Ferguson.

Bertahan selama tujuh musim di kota Manchester tentu bukan perkara mudah. Menurut Ji Sung dibutuhkan kerja keras, mental kuat, dan sedikit keberuntungan guna bersaing di Benua Biru. Belum lagi perbedaan fisik dan gaya permainan.

"Hal terbesar yang harus diingat pemain Asia adalah perbedaan gaya permainan sepak bola Eropa, persis halnya dengan kebudayaan," ucap Ji-Sung dilansir Goal.com.

Saat ini bakat-bakat Asia yang sukses di Eropa baru terwakili oleh negara Jepang dan Korea Selatan. Pada masa mendatang, diharapakan potensi-potensi potensial dapat tumbuh guna bersaing di pentas dunia.

"Masih terdapat jurang pemisah antara kami (orang Asia) dengan level dunia, banyak hal yang harus diperbaiki. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kualitas sepak bola Asia semakin membaik dan harus membuktikan bahwa kami dapat bersaing dengan tim kelas dunia," tuturnya.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X