Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Championship Series Pakai Double Elimination

By Eky Rieuwpassa - Selasa, 10 April 2012 | 20:44 WIB

masing 33 kali, delapan tim terbaik NBL Indonesia 2011-2012 akan berebut gelar di Championship Series, 21-29 April di GOR UNY Jogjakarta.

Tim-tim penghuni delapan besar langsung berjibaku di hari pertama. Sesuai regulasi, delapan besar klasemen ini dibagi dalam dua pool. Di satu sisi, ada peringkat 1, 4, 5, dan 8. Di sisi lain, ada peringkat 2, 3, 6, dan 7.

Tampil di laga pembuka adalah peringkat 3 Pelita Jaya Esia Jakarta melawan kuda hitam musim ini, peringkat 6 Muba Hangtuah IM Sumatera Selatan (pukul 14.00 WIB). Lalu, laga berikutnya mempertemukan peringkat 2 Dell Aspac Jakarta dengan peringkat 7 Stadium Jakarta (16.00 WIB). Peringkat 1 Satria Muda Britama Jakarta berhadapan dengan peringkat 8 Bimasakti Nikko Steel Malang (18.00 WIB), dan peringkat 4 Garuda Speedy Bandung dengan peringkat 5 CLS Knights Good Day Surabaya (20.00 WIB).

Menyambut Championship Series, kampiun musim reguler Satria Muda mengaku sangat antusias. Musim ini, persaingan berlangsung lebih ketat dan seru. “Semua tim memberikan perlawanan yang di luar dugaan. Championship Series akan sangat melelahkan, menguras fisik dan mental. Tapi, kami harus fokus dan memaksimalkan persiapan untuk menghadapi setiap laga,” jelas Faisal Julius Ahmad, kapten Satria Muda. “Banyak yang bilang, beberapa kemenangan kami cuma kebetulan. Mungkin itu tidak sepenuhnya salah. Tapi di Jogja, kami ingin buktikan bahwa kemenangan yang kami raih selama ini adalah karena kerja keras,” ungkapnya.

Dan tahun ini, laga-laga yang mewarnai babak penentuan tahun ini bakal terasa lebih panas dengan diterapkannya format double eliminination alias sistem gugur ganda. Tim baru akan dinyatakan gugur bila sudah kalah dua kali. Dengan sistem baru, apabila satu tim tergelincir di laga pertamanya, maka tim itu masih punya kesempatan lanjutan untuk terus lolos ke babak Grand Final pada 29 April. Sistem serupa dipakai untuk ajang-ajang tingkat dunia, seperti Olimpiade.

“Tahun lalu, sistem single eliminination alias gugur berlangsung sangat mendebarkan. Tahun ini, kami bersama Dewan Komisaris NBL Indonesia sepakat untuk mengembangkan sistem ini menjadi double elimination. Tetap membuat tim berdebar karena masih saling menggugurkan dengan cepat, tapi memberi tontonan seru tambahan bagi penggemar,” jelas Azrul Ananda, commissioner NBL Indonesia.

Babak Championship Series Flexi NBL Indonesia 2011-2012 di GOR UNY Jogjakarta juga dimeriahkan dengan laga-laga penutup Jawa Pos For Her Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia. Babak final musim perdana liga perempuan tertinggi di tanah air itu diselenggarakan pada 28 April 2012.

Di awal babak itu pula, Flexi NBL Indonesia 2011-2012 akan mengumumkan para pemenang penghargaan-penghargaan indiviual, yang diperoleh dari musim reguler. Termasuk pengumuman peraih Most Valuable Player (MVP), berhadiah sebuah mobil Chevrolet All New Spark.


Editor : Eky Rieuwpassa


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X