Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pep Samai Rekor 112 Kemenangan Rijkaard

By Lilianto Apriadi - Rabu, 11 April 2012 | 15:03 WIB
Josep Guardiola
David Ramos/Getty Images
Josep Guardiola

0 yang dimenangi kubu Barcelona kala menjamu Getafe di Stadion Camp Nou, Rabu (11/4) dini hari WIB, membuat sang pelatih, Josep Guardiola, cetak rekor baru dalam sejarah kepelatihan Blaugrana. Sukses melumat Getafe di pekan 32 ini tercatat menjadi kemenangan Messi dkk. yang ke 24 musim ini di Liga Spanyol.

Namun, bagi Pep raihan tiga angka ini sukses mencatatkan namanya di peringkat kedua jajaran pelatih Barcelona yang sukses meraih kemenangan terbanyak di ajang La Liga, dengan total 112. Sejajar dengan pelatih sebelumnya, Frank Rijkaard. Sementara itu, peringkat pertama masih diduduki sang legenda hidup, Johan Cruyff, dengan torehan 183 kali meraih point penuh selama mengarsiteki Blaugrana.

Tapi, bila merujuk pada persentase kemenangan yang diraih selama melatih klub Catalan di ajang yang sama, La Liga, maka nama Pep menyeruak di antara dua pendahulunya tersebut. Jumlah 112 kemenangan dibagi dengan total 146 kali menukangi Barca membuat Pep mencatat rata-rata 76,8 persen kemenangan di Liga Spanyol. Sedangkan Rijkaard hanya mampu torehkan angka 56,9 persen selama karier kepelatihan di Barcelona. Cruft malah selisih jauh di bawah Pep. Pria Belanda ini hanya torehkan 35,3 persen. Karena meski meraih kemenangan terbanyak, dengan 183 kali, namun total penampilannya mengarsiteki Barcelona pun terbanyak, dengan 306 partai.

Tersisa 71 partai yang harus dimenangi guna menggeser Cruyff dalam rekor pelatih Barcelona pembawa kemenangan terbanyak di La Liga. Bila melihat amunisi pemain dan tren positif yang diperlihatkan, tampaknya hal tersebut tak mustahil diwujudkan Pep.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X