Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menezes Harus Meraih Emas Olimpiade London 2012

By Oka Akhsan M. - Kamis, 12 April 2012 | 15:48 WIB
Pelatih Tim Nasional Brasil, Mano Menezes
Jeff Zelevansky/Getty Images
Pelatih Tim Nasional Brasil, Mano Menezes

Prestasi Brasil di kancah sepak bola Internasional memang tidak perlu diragukan lagi. Hampir seluruh kejuaraan yang digelar telah mereka menangi, kecuali Olimpiade. Maka tak heran, jika tim Samba mengincar medali emas di London 2012 sebagai pemanasan jelang Piala Dunia 2014.

Beban berat sedang berada di pundak Mano Menezes. Pelatih tim nasional Brasil itu diperintahkan Ketua Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF), Jose Maria Marin, untuk meraih medali emas Olimpiade London 2012 jika masih ingin berada di posisinya saat ini saat gelaran Piala Dunia 2014 digelar di kandang sendiri.

"Pertama-tama kita harus bertanding di Olimpiade dan Piala Konfederasi. Hasil di Olimpiade akan memberi gambaran apakah kita berada di jalur yang tepat atau tidak. Jika tidak memuaskan, maka akan ada evaluasi secara menyeluruh, dimulai dari pelatih," ujar Marin, yang baru saja menjabat usai menggantikan Ricardo Teixeira awal tahun ini, kepada Komisi Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Brasil.

"Tanggung jawab utama kami adalah memastikan tim nasional mampu memenuhi harapan warga Brasil untuk menjadi juara di Piala Dunia 2014. Itu adalah mimpi terbesar kami, mengubah kesedihan yang terjadi tahun 1950 menjadi kebahagiaan," lanjutnya.

Untuk memenuhi permintaan itu, Menezes berencana memanggil seluruh pemain terbaiknya, termasuk bintang Santos yang mendapat gelar pemain terbaik Amerika Selatan tahun ini, Neymar. Tim nasional Brasil yang akan turun di Olimpiade akan menggelar pemusatan latihan di Amerika Serikat, serta memainkan pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat, Meksiko, dan Argentina pada tanggal 30 Mei, 3 Juni, dan 9 Juni.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X