Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Waspadai Kisruh, Polisi Keluarkan Peringatan

By Galih Rachdityo - Jumat, 27 April 2012 | 11:30 WIB
Aparat Kepolisian Manchester.
Christopher Furlong/Getty Images
Aparat Kepolisian Manchester.

Kepala kepolisian Besar Manchester mengeluarkan pernyataan bahwa pihak aparat kepolisan akan meringkus siapa pun yang berniat melakukan kekacauan, sebelum dan sesudah berlangsungnya laga derbi Manchester, Selasa (1/5) dini hari WIB.

Kepolisian Besar Manchester memuji sikap masing-masing pendukung Manchester United dan Manchester City untuk perilaku baik mereka, pada saat laga putaran tiga Piala FA yang dimenangkan oleh United dengan skor 3-2 di Stadion Etihad pada Januari lalu.

Namun, di waktu lalu sempat terjadi masalah di antara kedua pendukung. Dua tahun lalu, 29 suporter kedua klub ditangkap, setelah terlibat bentrok di laga semifinal leg pertama Piala Carling. Menjelang laga derbi Manchester yang akan menentukan peraih titel juara Premier League musim 2011/12, ketegangan di antara kedua kubu sudah dipastikan akan semakin meningkat.

United sudah mengalokasikan 2,620 lembar tiket untuk laga tersebut, dan akan ada banyak polisi yang disiagakan untuk menjamin laga berakhir tanpa insiden. Setiap penonton yang datang membawa minuman beralkohol akan disita, dan polisi juga memeringatkan setiap orang yang datang ke stadion dalam pengaruh alkohol, akan ditolak masuk stadion.

"Seperti banyaknya hal dalam pertandingan ini, emosi sudah pasti akan tinggi. Tujuan kami adalah untuk memastikan pertandingan berjalan dengan lancar, aman, dan dapat dinikmati oleh seluruh fan," kata Inspektur Kepala John O'Hare pada Soccernet.

"Kepolisian Besar Manchester akan memiliki sejumlah petugas dan mendapat bantuan di seputar area lapangan pertandingan, untuk menjamin tidak adanya insiden dan menawarkan ketenangan pada publik," jelasnya.

"Rivalitas kedua klub benar-benar menambahkan sesuatu yang lebih lagi pada laga nanti, tapi kami juga harus bisa menjamin bahwa hal ini tidak akan dipergunakan sebagai alasan oleh beberapa individu untuk terlibat dalam kekacauan," lanjut O'Hare.

"Kami ingin menegaskan pada para minoritas, yang mungkin berpikir untuk memulai keributan, bahwa kami akan segera meringkus mereka. Kami ingin setiap orang bertanggung jawab pada diri mereka sendiri, dan minum secara bertanggung jawab," tambahnya.

"Kami ingin menjamin bahwa kota Manchester, baik kedua klub dan para fan mereka, akan mengingat alasan-alasan ini. Kami harus merayakan kenyataan bahwa titel juara Premier League akan datang ke Manchester," tutup O'Hare.


Editor : Galih Rachdityo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X