Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Total Penonton NBL Meningkat 50 Persen

By Eky Rieuwpassa - Rabu, 2 Mei 2012 | 23:54 WIB
Atmosfer penonton di Grand Final NBL 2012.
NBL Indonesia
Atmosfer penonton di Grand Final NBL 2012.

Perhelatan NBL Indonesia di tahun kedua menunjukan peningkatan siginifikan dari segi kehadiran penonton di stadion. Untuk tahun ini, jumlah penonton meningkat 50 persen dibandingkan musim lalu.

Berdasarkan laporan yang dirilis NBL Indonesia, untuk tahun ini NBL menyedot total 151.369 penonton, atau tumbuh sekitar 50 persen dari musim sebelumnya. Data itu disampaikan pengelola liga, PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia, setelah berakhirnya babak Championship Series di Jogjakarta, Minggu, 29 April lalu. Pada musim perdana NBL Indonesia 2010-2011, total penonton tercatat 103.414 orang.

“Hanya dalam dua tahun, NBL Indonesia mampu mendapat tempat di hati para penggemar basket. Mereka pun terus berdatangan, dan mengajak peminat lain, untuk menonton langsung pertandingan di stadion. Jumlah penonton ini bisa dibilang luar biasa. Liga yang lama, Indonesian Basketball League atau IBL, hanya mampu meraih 250 penonton per hari,” kata Azrul Ananda, commissioner NBL Indonesia.

Pertumbuhan penonton sebetulnya sudah terlihat sejak Preseason Tournament di Malang. Total penonton turnamen pemanasan itu sudah melebihi angka 12 ribu orang. Lantas terbantu dengan penambahan satu seri. Bila musim perdana terdiri atas lima seri reguler, musim kedua ini terdiri atas enam seri reguler.

Surabaya kembali menjadi seri musim reguler dengan penonton terbanyak, menyedot lebih dari 25 ribu penonton. Hari pertama seri Surabaya, yang menyuguhkan laga CLS Knights Good Day Surabaya versus Satria Muda Britama Jakarta, disaksikan lebih dari 6.200 penonton di DBL Arena Surabaya. Itu adalah rekor penonton terbanyak dalam sejarah basket profesional Indonesia. Tapi rekor itu tak bertahan lama.

Jumlah itu lantas dikalahkan oleh babak Grand Final, di akhir Championship Series di GOR UNY Jogjakarta. Dengan kapasitas gedung lebih besar, total lebih dari 8.000 penonton menyaksikan babak final, antara Dell Aspac Jakarta melawan Satria Muda Britama Jakarta. Itulah rekor baru basket profesional Indonesia!

“Rasanya sulit memecahkan rekor itu lagi di musim selanjutnya. Tapi dengan pertumbuhan penonton begitu pesat, segalanya bisa dicapai. Kami akan terus berusaha menyuguhkan tontonan terbaik untuk penggemar basket Indonesia,” pungkas Azrul. “Jadwal dan venue Flexi NBL Indonesia 2012-2013 akan segera kami umumkan,” tandas Azrul.


Editor : Eky Rieuwpassa


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X