Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Ingin Nikmati Pertarungan Ducati di Estoril

By Galih Rachdityo - Minggu, 6 Mei 2012 | 15:50 WIB
Valentino Rossi
Autosport
Valentino Rossi

Valentino Rossi mengatakan peningkatan performa Ducati, membuka peluang tim pabrikan asal Italia tersebut untuk bertarung di papan tengah pada saat melakoni balapan MotoGP Portugal, Ahad (6/5).

Pada balapan yang akan dilangsungkan di Sirkuit Estoril tersebut, pebalap asal Italia ini masih belum berhasil untuk meraih posisi pole yang lebih tinggi dari posisi sembilan di musim balap 2012. 

Namun, Rossi meyakini dengan mengamankan posisi start di baris ketiga untuk kali pertamanya di musim ini, menjadi indikasi dari setingan motor yang diyakini sanggup mendongkrak performanya saat balapan bergulir.

"Fase kualifikasi pada akhirnya tidak terlalu buruk. Kami berada di baris ketiga, terpaut 0,8 detik dari posisi pole, dan kecepatan kami setara dengan grup yang mengejar posisi empat," kata Rossi seperti dilansir Autosport, Sabtu (5/5) waktu setempat.

"Kami bekerja cukup baik di akhir pekan ini, meski hanya sedikit membuat perbaikan. Kini, saya sanggup membalap mendekati batas dan menggeber motor lebih keras lagi," lanjutnya.

Rossi mengatakan Ducati memuat bagian belakang motor untuk meningkatkan grip, dan hal itu bekerja cukup baik saat kualifikasi. Pebalap berusia 33 tahun itu juga semakin membaik saat melakukan pengereman. Ia yakin banyak pebalap lain yang kurang lebih memiliki ritme yang sama, jadi Ducati bisa bersaing sepanjang balapan.

Eks pebalap pabrikan Honda dan Yamaha tersebut juga mengatakan permasalahan utama Ducati ada pada akselerasi, di mana motor lebih sering mengalami understeer di setiap tikungan. Akan tetapi, Rossi merasa optimistis pada area tersebut kini bisa diatasi oleh Desmosedici.

"Kami selalu mengalami permasalahan akselerasi dan kecenderungan untuk selalu understeer," ungkap Rossi. "Mengenai akselerasi, saya tetap optimistis. Sementara permasalahan understeer, saya pikir mungkin kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk bisa mengatasinya."

"Faktor ban juga sangat penting, karena ban dengan kompon soft sangat sulit untuk diatur sampai dengan akhir balapan. Sebaliknya, ban berkompon hard sangat sulit untuk mendorong pada saat balapan dimulai. Kami lebih cenderung menggunakan ban berkompon soft, tapi kami harus menunggu untuk memutuskan ban tipe apa yang akan dipergunakan pada balapan di Estoril," pungkasnya.


Editor : Galih Rachdityo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X