Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tekad Javi Martinez Cetak Sejarah Untuk Bilbao

By Husein Noval - Rabu, 9 Mei 2012 | 03:33 WIB
Javi Martinez
Getty Images
Javi Martinez

Sebagai salah satu klub tersukses di Spanyol, Athletic Bilbao punya 'cacat'. Ya, pemegang delapan titel La Liga serta 23 gelar Copa de Rey itu belum sekalipun menjadi juara di turnamen antar klub Eropa. Rabu (9/5) Bilbao berpeluang melakukannya, dan salah satu bintang Los Leones, Javi Martinez, percaya timnya bisa menciptakan sejarah itu.

Bilbao akan menghadapi wakil Spanyol lain, Atletico Madrid, di final Liga Europa. Duel di Stadion National Arena, Bucharest bakal jadi momen bersejarah bagi klub yang berdiri tahun 1898 itu.

Inilah kesempatan kedua bagi Bilbao untuk menjuarai ajang tersebut. Tahun 1977 saat masih bernama UEFA Cup, Bilbao kalah di partai final dari wakil Italia, Juventus.

"Bila klub seperti kami tidak pernah menjuarai trofi Eropa dan saat ini punya peluang bagus untuk meraihnya, makaini akan jadi memori indah untuk dikenang sepanjang masa," kata Martinez kepada situs resmi UEFA. "Kami harus menyadari hal itu agar menatap final nanti sebagai langkah bersejarah,."

Martinez yakin timnya bisa mengalahkan Atletico. Ia percaya Atletico adalah klub yang membawa hoki tersendiri untuknya.

"Saya tak banyak mencetak gol, tapi saya sudah mencetak tiga gol ke gawang Atletico. Saya berharap bisa mengulangi itu di final. Atletico adalah klub yang membawa keberuntungan untuk saya," tambahnya.

Kedua tim sudah saling kenal karena sering bertemu di kompetisi lokal. Musim ini keduanya saling mengalahkan. Bilbao menang 3-0 di San Mames sebelum dibalas 2-1 oleh Atletico di Vincente Calderon. Namun bicara sejarah Atletico lebih unggul, anak asuh Diego Simeone jauh lebih berpengalaman di Eropa. Mereka juga berhasil menjuarai ajang ini dua tahun lalu.

Jadi, mampukah Martinez cs. mencetak sejarah baru bagi Bilbao, atau justru Atletico yang berhasil mengulang sejarah tahun 2010? kita nantikan duel kedua tim Kamis (10/5) dini hari WIB.


Editor : Husein Noval


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X