Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

30? Juve Hanya Punya 22 Atau 23 Scudetto

By Husein Noval - Sabtu, 12 Mei 2012 | 04:31 WIB
Zdenek Zeman
Football Italia
Zdenek Zeman

30 sepanjang sejarah mereka. Hal ini menimbulkan pro-kontra karena dalam catatan resmi liga, Juve hanya mengoleksi 28 gelar.

Secara resmi Liga tak mengakui dua Scudetto Juventus pada musim 2004/2005 dan 2005/2006 menyusul kasus Calciopoli. Kasus itu pula yang menyeret Gianluigi Buffon cs. ke Serie B.

Juve mengaku punya 30 gelar, Liga mencatat ada 28, tapi Zdenek Zeman punya jawaban lain. Menurutnya Juventus hanya pernah meraih 22 atau 23 Scudetto saja.

Pelatih kawakan yang sekarang mengarsiteki tim Serie B, Pescara, itu memang dikenal sering melontarkan kritik pedas pada Juve. Semua bermula di era 90-an Saat Zeman masih melatih AS Roma.

Saat masih melatih Gialorossi, Zeman pernah berujar bahwa Juve tidak jujur. Ia mengatakan banyak pemain La Vecchia Signora menggunakan doping. Zeman percaya Juve sudah memberikan obat ilegal untuk meningkatkan stamina para pemainnya sejak tahun 1993 hingga 1998.

"Berapa gelar Scudetto Juventus? saya hitung ada 22 atau 23," ujarnya dikutip dari Football Italia. "Semua orang berhak mengakui apapun termasuk menaruh bintang di kostumnya, bahkan saya juga layak mendapat beberapa bintang," tuntasnya.

Saat ini Zeman tengah berjuang membawa Pescara promosi ke Serie A. Hingga empat pekan tersisa Pescara berpeluang besar ke Serie A dengan menduduki peringkat dua klasemen sementara. Menarik Bila Zeman sukses membawa Pescara promosi ke Serie A, karena sekali lagi ia akan kembali bertemu Juve di kompetisi tertinggi Italia mulai musim depan.


Editor : Husein Noval


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X