Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Detik-Detik Menegangkan Pendakian Puncak Everest

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 18 Mei 2012 | 18:14 WIB
Puncak Everest terlihat tertutup kabut.
Tim 7 Summits Expedition
Puncak Everest terlihat tertutup kabut.

luka sehingga dievakuasi turun ke Lukla. Pendakian Tim Selatan dari Camp 2 ke Camp 3 pun ditunda sehari.

18 Mei 2012

Tim Utara (laporan Galih melalui SMS): Tim bergerak mendaki dari Camp 2 di ketinggian  7.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) menuju Camp 3 atau camp terakhir di ketinggian 8.300 mdpl. Tim mendaki sudah memakai oksigen. Cuaca hari ini tampak cerah, hangat, tidak berawan, dan tidak berangin. Semoga pendakian lancar dan cepat sampai sehingga bisa cepat beristirahat untuk mengumpulkan tenaga karena dini hari nanti tim akan melaksanakan pendakian menuju Puncak Everest.

Pukul 11.20, Everest Base Camp Utara mendapat kontak melalui radio dari pendaki Tim Utara yang mengabarkan bahwa tim sudah di atas ketinggian 8.000 mdpl, sebentar lagi akan sampai di Camp 3. Kondisi pendaki sehat, kuat, dan berenergi. Cuaca di atas cerah, panas, dan angin tidak terlalu kencang. Kami akan kontak radio lagi pukul 16.00.

Tim Selatan (laporan Yoppi melalui SMS): hari ini tim pendaki mulai bergerak naik ke Camp 3. Mereka di Camp 3 akan meminjam tenda tim China karena dua orang Sherpa tim sudah dievakuasi turun, maka ada tersedia oksigen bagi pendaki. Posisi pendaki saat ini sedang menuju Camp 3. Semua dalam kondisi sehat. Setelah dua Sherpa cedera dan turun, komposisi pendaki saat ini menjadi 9 orang yaitu 1 guide (Hiro), 2 pendaki Indonesia yakni Ardhesir dan Fajri, 2 pendaki Jepang, dan 4 Sherpa. Masih memadai, masing-masing pendaki dikawal oleh 1 Sherpa. Pendakian mundur satu hari sehingga summit Tim Selatan kemungkinan pada 20 Mei. Tim Utara direncanakan summit pada 19 Mei pukul 06.00-07.00 WIB dan Tim Selatan akan summit pada 20 Mei juga sekitar pukul 06.00-07.00 WIB.

Tim Utara (laporan Galih, pukul 15.10): Tim Utara tiba di Camp 3 atau last camp di ketinggian 8.300 mdpl pada pukul 12.30 waktu Nepal. Tim Pendaki dalam kondisi sehat dan sekarang sedang beristirahat. Rencana pendakian ke puncak Everets akan dimulai pada pukul 22.00 atau 23.00 dan diperkirakan tiba di Puncak Everest pada pagi hari, Sabtu (19/5). Mari kita bantu dengan do'a, semoga pendakian dalam lindungan-Nya, diberi kelancaran, kekuatan, keberhasilan sampai di Puncak Everest, dan selamat kembali ke tanah air.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X