Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Uji Coba Teknologi Garis Gawang di Wembley

By Lilianto Apriadi - Jumat, 25 Mei 2012 | 14:33 WIB
Kontroversi gol Frank Lampard ke gawang Manuel Neuer.
Cameron Spencer/Getty Images
Kontroversi gol Frank Lampard ke gawang Manuel Neuer.

FIFA akhirnya mengumumkan rencana pengetesan teknologi garis gawang. Tes akan dilakukan saat berlangsungnya laga persahabatan antara Inggris kontra Belgia pada 2 Juni mendatang di Wembley.

Sistem Mata Elang (Hawkeye System) akan disematkan di stadion nasional kebangsaan Inggris untuk laga persahabatan itu dan akan menjadi pertandingan perdana bagi Roy Hodgson melakoni laga kandang sejak menangani The Three Lions.

Wasit yang memimpin laga persahabatan itu tidak akan bergantung pada hasil dari sistem tersebut, karena hanya para peneliti yang berhak memonitor temuan mereka.

Apabila tes tersebut ternyata berhasil, maka penggunaan teknologi garis gawang diharapkan dapat segera dilakukan pada 2 Juli mendatang. Sebelumnya tes penerapan teknologi ini sudah pernah dilakukan pada laga final Piala Senior Hampshire FA, yang berlangsung di stadion milik Southampton, St Mary's Stadium, 16 Mei lalu.  

Sementara itu, sistem lainnya yang bernama GoalRef, sedang diuji coba pada ajang Liga Super Denmark. Seluruh tes tersebut dimonitor oleh para ofisial dari EMPA (akronim Jerman untuk Eidgenössische Materialprüfungs- und Forschungsanstalt) atau Laboratorium Federal Swiss untuk materi ilmiah dan teknologi.

"Uji coba tersebut akan membawa Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) mengesahkan pengenalan dari teknologi garis gawang (GLT) dalam sebuah pertemuan spesial di awal Juli," ujar pernyataan resmi FIFA seperti dikutip ESPNSoccernet, Kamis (24/5) waktu setempat.

"Hanya para peneliti EMPA, IFAB, dan perwakilan FIFA di Wembley yang memiliki akses untuk membaca sistem GLT. Apabila terjadi insiden garis gawang terlihat pada laga persahabatan itu atau di laga-laga lain, maka sistem tidak dapat dipergunakan oleh para ofisial pertandingan."

"Hal ini berarti sistem GLT tidak akan berpengaruh pada hasil akhir pertandingan, karena sistem tersebut sedang diuji coba. FIFA ingin menempatkan hal ini dalam catatan khusus dan sangat berterima kasih pada pihak FA untuk kerelaan mereka mendukung tes ini dalam pertandingan langsung, sebagai bagian terpenting dari tes tahap dua untuk penerapan teknologi garis gawang."


Editor : Galih Rachdityo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X