Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Calon Lawan Indonesia Sebelum ke Piala AFF

By Frengky Aruan - Kamis, 31 Mei 2012 | 02:17 WIB

Asia Tenggara baru akan digelar pada 24 November 2012 mendatang. Namun, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia sudah menyiapkan tim jauh-jauh hari.

Apa yang melandasi PSSI berbuat demikian? Sejumlah pengurus PSSI dalam berbagai kesempatannya menyebut persiapan sejak dini dilakukan agar timnas tak melulu menjadi runner-up saja. Melainkan, bisa meraih gelar juara seperti yang diidam-idamkan masyarakat selama ini.

Untuk mendukung hal tersebut, PSSI sendiri telah menyusun sejumlah agenda pertandingan untuk timnas. Setelah diikutkan dalam turnamen internasional Al-Nakbah, juga menghadapi Internazionale, beberapa waktu lalu, timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Filipina --tim yang kini berperingkat lebih baik dari Indonesia-- dalam laga bertajuk uji coba, di Manila, 5 Juni mendatang.

Namun tak hanya itu. Ketua Umum PSSI membocorkan bahwa timnas juga akan menghadapi beberapa negara di Asia Tenggara lainnya sebagai persiapan untuk Piala AFF 2012, 24 November sampai 22 Desember 2012. "Ada beberapa negara yang sudah sepakat, misalnya Vietnam, Malaysia, dan Timor Leste," kata Djohar di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5).

"Untuk Timor Leste, pertandingan kemungkinan dilakukan Agustus. Kalau untuk Vietnam dan Malaysia belum pasti kapan, namun mereka sudah memberi ancang-ancang paling tidak beruji coba di awal November. Ancang-ancang ini diberikan karena mereka ingin melakukan persiapan benar-benar sebelum ke Piala AFF," sambungnya.

Di luar persiapan Piala AFF, disebutkan Djohar, peluang timnas melawan negara-negara di luar Asia Tenggara juga cukup terbuka. Melawan Argentina misalnya. Ketum PSSI bahkan optimistis tim yang dikenal dengan tim tanggo itu bakal datang ke Indonesia. "Kalau melihat persentase kehadiran, mungkin sudah 60 persen," ucap Djohar.

"Dengan Federasi Sepak Bola Cina kita juga sudah bicara. Kami juga sudah bertemu dengan pihak Federasi Sepak Bola Kamerun. Jadi, bagi kami, pertandingan internasional itu sangat perlu."


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X