Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan PSM, Semen Padang Kokoh di Puncak

By Matias Purwanto - Minggu, 3 Juni 2012 | 21:02 WIB

1 dalam lanjutan kompetisi Indonesia Premier League (IPL).

Berambisi meraih tiga poin untuk Semen Padang langsung menekan pertahanan PSM. Pertandingan baru berjalan dua menit, Yu Hyun Koo mampu membahayakan gawang PSM yang dikawal Deni Marsel. Namun tendangannya melebar di sisi kiri gawang Marsel.

Tim Kerbau Sirah akhirnya mampu unggul 1-0 atas PSM di menit ke-17. Umpan Esteban Viscarra kedalam kotak penalti PSM mampu dikontrol dengan baik oleh Elie Aiboy. Elie mampu mengecoh bek PSM sebelum meleaskan tembakan keras ke sisi kiri atas gawang Marsel.

Menit ke-33 Edward Wilson Junior nyaris menggandakan keunggulan Semen Padang. Umpan cantik Elie mampu disundulnya dengan sangat baik. Sayang sundulannya melencenga tipis di sisi kiri gawang Marsel.

PSM yang terus tertekan sempat membahayakan gawang Semen Padang yang dikawal Jandia Eka Putra papa menit ke-36. Rahmat yang tanpa kawalan mampu menyundul bola hasil sepakan pojok. Sayang bola melambung di atas gawang Jandia.

Terus menekan, Semen Padang mampu menambah kedudukkan melalui Ferdinand Sinaga pada menit ke-38. Umpan Edward Wilson mampu diselesaikan Ferdinand dengan sangat manis melalui sepakan keras kaki kiri.

Pada menit ke-42 sebenarnya PSM mendapat peluang emas untuk memperkecil kedudukkan melalui Kwon Jun. Namun ia belum mampu menyundul bola dengan baik, padahal posisinya sama sekali tanpa pengawalan lawan. Skor 2-0 untuk kemenangan Semen Padang bertahan hingga turun minum.

Tak ubahnya seperti babak pertama, pemain semen Padang langsung tancap gas di awal babak kedua. Serangan-serangan berbahaya dibangun melalu sisi sayap.

Hasilnya pada menit ke-52 Edward Wilson mampu membobol gawang PSM. Elie Aiboy berhasil mengirimkan umpan terukur dari sisi kanan pertahanan PSM pada Edward. Dengan mudah ia menceploskan bola ke dalam gawang dengan sundulannya.

Stelah gol Edward, PSM mampu mengimbangi permainan Semen Padang. Mereka mampu menciptakan beberapa peluang emas.

Masuknya Andi Oddang bagi kubu PSM di menit ke-69 memberi suntikan positif. Serangan PSM mejadi makin tajam.

Usaha PSM berbuah hasil pada menit ke-78. Memanfaatkan umpan Syamsul Chaeruddin, striker PSM, Ilija Spasojevic mampu membuat gol untuk memperkecil ketinggalan.

Gol Ilija memompa semangat pemain PSM lain. Satrio Syam dkk berkali-kali mampu membahayakan gawang Jandri.

Misalnya pada menit ke-86. Sundulan keras Ilija mengarah ke gawang Semen Padang. Namun dengan sigap Jandri menangkap sundulan tersebut. Sampai peluit panjang dibunyikan skor 3-1 untuk kemenagan Semen Padang tak berubah.

Dengan hasil ini, Semen Padang semakin kokoh di puncak klasemen dengan meraih 37 poin dari 18 pertandingan. Sedangkan PSM tertahan di posisi ke-3 dengan meraih 30 poin dari 20 pertandingan.

Susunan pemain
 
Semen Padang: 21-Jandia Eka Putra (GK), 11-Hengki Ardiles, 28-Abdul Rahman, 25-Slamet Riyadi, 5-David Pagbe, 6-Yu Hyun Koo, 10-Vendry Mofu 71' 24-M. Rizal), 8-Elie Aiboy (64' 9-Mustopa Aji), 23-Esteban Viscarra, 22-Edward Wilson Junior, 17-Ferdinand Sinaga (78' 13-Yosua Pahabol).

Cadangan: 1-Samsidar, 16-Saepuloh Maulana, 27-Tommy Rifka, 9-Mustopa Aji, 24-M. Rizal, 13-Yosua Pahabol, 7-Suheri Daud.

PSM Makasar: 1-Deny Marsel (GK), 16-Satrio Syam (C), 14-Kaharudin, 8-Kwon Jun, 20-Alejandro Febre, 12-Fadly M (69' 10-Andi Oddang), 21-M. Jufri, 7-Saymsul Chaeruddin, 17-Rasid Bakri (55' 3-Rasul Z), 9-Ilija Spasojevic, 11-Rahmat.

Cadangan: 30-Andi Muhammad Guntur (GK), 3-Rasul Z, 4-I Ketut Mahendra, 22-Fandy Edy, 28-Aditia Putra Dewa, 15-Kurniawan, 10-Andi Oddang.


Editor : Matias Purwanto


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X