Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Deadline Bagi Klub Penuhi Hak Pemain Diperpanjang

By Frengky Aruan - Kamis, 7 Juni 2012 | 14:09 WIB

Itikad baik yang ditunjukkan klub di ISL dan IPL terkait penuhan hak pemain seperti gaji, membuat Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), berpikir ulang. Alhasil, deadline yang sebelumnya diberikan hingga tanggal 7 Juni 2012 pun diperpanjang menjadi hingga tanggal 15 Juni.

Berdasarkan informasi yang didapat APPI, Presiden APPI, Ponaryo Astaman menyebut bahwa ada beberapa klub baik itu di ISL maupun IPL yang sudah mulai menunjukkan itikad baiknya. Bahkan beberapa di antaranya sudah membayar tunggakan gaji yang sebelumnya tak dibayarkan kepada pemain.

"Contohnya Sriwijaya FC, mereka sudah membayar lunas dua bulan dari dua bulan gaji yang sempat belum dibayar. Sementara Persija sudah membayar dua bulan dari 3,5 bulan gaji yang sempat belum dibayar. Persela Lamongan juga sudah membayarkan satu bulan gaji pemain dari dua bulan gaji, Arema sudah bayar 50 persen gaji satu bulan dari dua bulan tunggakan," terang Ponaryo dalam jumpa pers di Coffee Tofee, Jakarta Selatan, Kamis (7/6).

Sementara di klub IPL, salah satu anggota Komite Eksekutif APPI, Bima Sakti menyebut bahwa beberapa klub seperti Persiba Bantul, Persija IPL, Persis Solo, Persema Malang juga sudah menunjukkan niat baiknya memenuhi hak pemain.

"Persiba sendiri sudah membayar 50 persen dari satu bulan gaji, mereka sendiri sebelumnya menunggak dua bulan. Kalau Persija IPL juga baru bayar 50 persen sebulan gaji dari tunggakan dua bulan. Sedangkan Persis sudah bayar satu bulan dari dua bulan tunggakan, kalau Persema sudah berjanji untuk melakukan peminjaman ke Bank untuk menyicil pembayaran tiga bulan gaji," terang Bima.

Akan tetapi, dalam catatan APPI nyatanya masih banyak klub yang belum juga membayarkan gaji pemainnya. Klub-klub itu adalah Pelita Jaya (3 bulan), PSPS Pekanbaru (6 bulan/manajemen beri pinjaman 10 juta per pemain), PSMS ISL (5 bulan), PSAP Sigli (6 bulan), Deltras (4 bulan), Persiwa (4 bulan), Persidafon (4 bulan), Persibo Bojonegoro (3 bulan), PSM (3 bulan), Persiraja (3 bulan), Bontang FC (5,5 bulan), PPSM (2 bulan).

"Sementara itu, kita belum dapat konfirmasi dari PSMS IPL, Persijap. Kita juga hilang komunikasi dengan Persiram," jelas Ponaryo.

Dalam kesempatannya, APPI secara khusus memberi apresiasi kepada beberapa klub seperti Persipura, Persisam, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persib, Semen Padang, Persebaya IPL. Menurut Ponaryo hal ini karena klub tersebut mampu sekaligus tidak memeiliki permasalahan dalam hal pemenuhan hak pemain selama musim 2011/12 ini.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X