Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Organisasi-Sistem Kepelatihan Bagus Dibutuhkan

By Frengky Aruan - Rabu, 13 Juni 2012 | 22:00 WIB

negara di Asia sulit untuk menembus dunia.

"Oleh karena itu, saya setuju dengan presiden UEFA Michel Platini agar sepak bola dapat berkembang secara adil. Sepak bola sendiri merupakan hak semua orang, bukan hanya untuk negara-negara top saja," kata Mou dalam acara bertajuk 'Meet and Greet with The Special One-Head Coach of Real Madrid, Jose Mourinho' di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/6).

Akan tetapi, Mou sendiri menyatakan kalau dirinya yakin sepak bola di Asia terutama di negara-negara berkembang nantinya bisa menyusul negara di Eropa. Hanya saja, ia mengatakan hal itu membutuhkan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar bisa tercapai.

"Untuk mengembangkan sepak bola, tentu yang paling utama dibutuhkan organisasi sepak bola yang baik. Selain itu diperlukan juga sistem kepelatihan yang terarah," jelas Mou.

"Dari situ, akan muncul generasi yang bagus. Akan tetapi, proses sampai ke sana tidak cepat dan butuh waktu setidaknya enam sampai sepuluh tahun lagi agar bisa bersaing," sambungnya.

Ditambahkannya, negara-negara di Asia sendiri sebenarnya punya potensi. "Saya kawan dekat Sir Alex Ferguson dan saya sering berbagi pengalaman dengannya. Sekarang ada pemain Jepang di Manchester United. Semua orang bisa lihat Kagawa, ia skillful, creative, punya flair yang bagus."

"Menurut saya, orang-orang Asia juga sangat terbuka dan mengerti apa itu tim dan kerjasama, sehingga mereka bisa sukses," terangnya.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X