Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Selain Tim U-14, Indonesia akan Kirim Tim U-12

By Frengky Aruan - Kamis, 14 Juni 2012 | 16:21 WIB

Gothia Cup 2012, turnamen tiap tahun yang mempertemukan tim dari sejumlah negara akan kembali digelar mulai 15 Juli mendatang. Dengan format kompetisi, turnamen yang akan dibagi ke dalam beberapa kategori umur, mulai dari usia 11 sampai 19 tahun itu dipastikan akan meriah karena diikuti banyak tim dari sejumlah negara.

Di Indonesia sendiri, beberapa tim dipastikan akan berpartisipasi. Selain Jakarta Football Academy, tim U-14 yang pemainnya diambil dari kompetisi Liga Kompas Gramedia musim 2012 juga akan dikirim SKF selaku penyelenggara LKG. Seperti yang dituliskan situs resmi Gothia Cup, gothiacup.se, kedua tim itu sendiri sudah mendaftarkan diri.

Namun tak hanya itu. Seperti yang diutarakan Ketua Panitia Indonesia U-12 Tournament Grassroots 2012, Bregas H. Rochadi, pihaknya juga akan mengirim tim U-12 untuk mengikuti turnamen Gothia 2012 dalam kategori umur 12 tahun di Gothenburg, Swedia. Hanya saja, sebelum memutuskan tim yang akan diberangkatkan, Rochadi menyatakan kalau pihaknya akan membuat sebuah kompetisi terlebih dulu.

"Dalam turnamen yang akan kami gelar nantinya tidak memakai sistem gugur dan tak ada juara, jadi kami memilih berdasarkan peringkat. Indonesia U-12 Tournament Grassroots 2012 setengah kompetisi," terang Hadi dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/6).

Sampai saat ini, pihak Kreasia selaku penyelenggara Indonesia U-12 Tournament Grassroots 2012 telah menerima 12 tim yang akan turut serta. Kedua belas tim yang terdiri dari SSB ASIOP Apacinti, SSB Villa 2000, SSB Rajawali Muda, SSB Benteng Muda, SSB Mpu Mitra Pespek Bekasi, SSB Mpu Mitra Pespek Cileungsi, SSB Petra Sentani Jayapura, SSB Hasanudin, SSB Putra Sumut, SSB Banteng Muda Malang, SSB UNI Bandung, Dada Rosada FC itu akan dibagi ke dalam dua grup untuk diadu guna menentukan peringkat di masing-masing pull.

"Jadi, setiap pull nanti ada peringkat satu, dua, tiga sampai enam. Nah, nanti peringkat satu dan dua akan dimasukkan ke divisi satu, peringkat tiga dan empat dimasukan ke divisi dua, peingkat lima dan enam akan dimasukkan ke divisi tiga. Nanti tiap divisi akan melakukan pertandingan lagi."

Dalam pertandingan di divisi satu, panitia seperti yang disebutkan Hadi, akan menentukan peringkat satu sampai empat. Peringkat satu itulah yang nantinya akan mewakili tim U-12 di Gothia Cup 2012.

Sedikit catatan, Gothia Cup sendiri merupakan turnamen sepak bola untuk pemain muda. Event yang pertama kali digelar pada tahun 1975 dan selalu diadakan setiap tahunnya di Gothenburg, Swedia terbuka untuk umum bagi tim pria dan wanita dengan pemain dari kategori 11 sampai 19 tahun.

Dari turnamen tersebut, tercatat beberapa  pemain bintang lahir. Di antaranya Alan Shearer (Inggris), Xabi Alonso (Spanyol), dan Andrea Pirlo (Italia).


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X