Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fakta Unik Yunani di Euro 2012

By Suryo Wahono - Sabtu, 23 Juni 2012 | 18:44 WIB
Dimitris Salpingidis
Shaun Botterill/Getty Images Sport
Dimitris Salpingidis

Ukraina.

Rangkuman Singkat

Yunani jelas bisa pulang dengan kepala tegak. Pasalnya, Ethniki berhasil menghapus memori buruk di Euro 2008 setelah sukses menjadi penguasa Eropa pada 2004.

Giorgos Karagounis dkk. harus bersusah payah meraih tiket perempat final dengan mengalahkan favorit Grup A, Rusia, di laga terakhir, hingga akhirnya harus mengakui ketangguhan Jerman. Meski berhasil menemukan generasi baru di lini belakang, pelatih Fernando Santos terlihat masih harus mencari gelandang kreatif dan striker tajam untuk melengkapi skuad Yunani.

Ethniki juga terlihat memiliki kelemahan di segi konsentrasi. Buktinya, Yunani tertinggal terlebih dahulu dari Polandia di laga perdana, kebobolan dua gol cepat di babak pertama ketika melawan Republik Ceska, dan yang paling menyakitkan adalah saat kalah 2-4 dari Jerman di perempat final meski sempat menyamakan kedudukan.

Poin Tertinggi

Yunani selalu tampil kompak dan memperlihatkan semangat juang yang tinggi di setiap pertandingan. Aksi heroik tersebut terbukti sukses menutupi kekurangan skill individu pemain-pemain Yunani.

Pemain Kunci

Jika boleh jujur, tidak ada pemain yang menonjol dari tim Yunani. Namun, keberhasilan Ethniki melaju ke delapan besar tidak bisa dilepaskan dari peran Dimitris Salpingidis.

Masuk sebagai pemain pengganti saat melawan Polandia, Salpingidis sukses mencetak gol penyeimbang dan mendapatkan penalti yang sayangnya gagal dieksekusi oleh sang kapten, Giorgos Karagounis. Peran besar Salpingidis terlihat begitu nyata saat memberi assist untuk Georgios Samaras dan mencetak gol dari titik putih ketika kalah dari Jerman di perempat final.


Editor : Oka Akhsan M.
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X