Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Street Circuit, Menembus Kota dan Pelabuhan

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 23 Juni 2012 | 19:35 WIB
Valencia Street Circuit dengan latar belakang pelabuhan.
Yudhi F. Oktaviadhi/Bolanews
Valencia Street Circuit dengan latar belakang pelabuhan.

Balapan F1 di jalanan, bukan hanya milik Monaco, bukan pula hanya ada di Singapura, GP Eropa di Valencia juga memakai jalanan. Nama resmi sirkuit ini pun adalah Valencia Street Circuit.

Laporan Yudhi F. Oktaviadhi dari Valencia

Sirkuit ini berada di pusat kota Valencia yang berada di sekitar Juan Carlos 1 Marina, tempat yang juga dipakai sebagai tempat America’s Cup Ke-32, kompetisi memancing paling bergengsi di dunia.

Jalur sirkuit ini menyusuri berbagai sudut kota Valencia dari mulai kawasan elit Grao, menuju pelabuhan, serta sekitar wilayah masa depan yang akan dibangun antara jalur kereta api, pelabuhan, dan tempat-tempat tua di Sungai Turia.

Meski sirkuit jalanan, spesifikasi dan keselamatan sama seperti di trek permanen. Panjang trek hampir lima setengah kilometer dan lebar setidaknya 14 meter termasuk dua bahu jalan yang menggumpal dengan trek, masing-masing satu meter di setiap sisi.

Permukaan aspal yang dipakai terdiri dari aspal yang dimodifikasi seperti yang digunakan pada permukaan trek balap. Sistem drainase juga dibuat secara khusus atau berbeda dengan jalanan di kota lainnya. Artinya Valencia Street Circuit memang sangat layak dipakai untuk balapan F1.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X