Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

2 Juli, Viking-The Jak 'Nobar' Sambil Bicara Islah

By Frengky Aruan - Kamis, 28 Juni 2012 | 15:50 WIB
Pemain Persija dan Persib menyuarakan perdamaian.
Peksi Cahyo/Bolanews
Pemain Persija dan Persib menyuarakan perdamaian.

Suporter Persib Bandung Viking siap berdamai dengan suporter Persija Jakarta, The Jak Mania. Viking dan The Jak akan melakukan pertemuan perdamaian pada 2 Juli mendatang di Jakarta. Pertemuan perdamaian tersebut difasilitasi jajaran pemerintahan kota kedua kubu.

Wali Kota Bandung Dada Rosada menuturkan, Viking mendapatkan undangan langsung dari The Jak untuk menghadiri pertemuan perdamaian tersebut.

"Kami diundang ke sana. Nanti di sana semua jajaran mulai dari PT PBB, ketua Viking, Wali Kota, dan akan hadir juga Bang Yos (mantan gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, Red). Akan ada penandatanganan MoU juga," ujar Dada saat memimpin rapat pembahasan pertemuan perdamaian Viking-The Jak di ruang tengah Balai Kota Bandung, Rabu (27/6) sore.

Menurut Dada, upaya perdamaian tersebut sebenarnya telah tercetus sejak lama. Bahkan, lanjutnya, Bang Yos sudah mengajak memfasilitasi perdamaian tersebut sejak masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Perdamaian ini adalah hal yang bagus. Kalau ini tidak diselesaikan, semua rugi. Semua berupaya, saling bantu, saling peduli," ucapnya. Berangkat ke Jakarta, Dada pun meminta jaminan keamanan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. "Pihak dari Jakarta, mengatakan sangat menjamin," ucapnya.

Ia berharap, momen ini bisa menjadi momen untuk menghentikan permusuhan yang terjadi. Dada juga tak mempermasalahkan lokasi penandatangan perdamaian dilaksanakan di Jakarta. "Yang penting, tujuannya (damai) tercapai," tambah Dada.

Pertemuan sore itu dihadiri sejumlah pejabat teras Persib, yakni Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Kuswara S. Taryono, Direktur PT PBB Risha Adi Widjaya, Ketua Umum Viking Heru Djoko, Wakapolrestabes Bandung AKBP Dadang Haryanto, hingga perwakilan PS-PS (persatuan sepak bola) Pengcab PSSI Kota Bandung.

Selain membahas masalah islah kedua suporter, pertemuan itu juga membahas teknis pertemuan perdamaian 2 Juli mendatang. Penandatanganan nota perdamaian akan dilakukan saat acara nonton bareng laga final Euro 2012 di Kemayoran.

"Kami tentu siap hadir nanti nonton bareng final Euro dan meneken MoU perdamaian dengan The Jak di Jakarta," ujar Ketua Umum Viking, Heru Joko, seusai rapat.

Heru Joko menuturkan, hari Rabu kemarin merupakan hari yang bersejarah. Ia mengatakan, 90 persen pasukannya optimistis berdamai. Sedangkan sisanya yang 10 persen, menurut Herru, adalah tugas semua pihak untuk mewujudkannya.


Editor : Tribunnews


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X