Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dipermak Jepang, Indonesia Tak Berpeluang Lolos

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 12 Juli 2012 | 23:19 WIB

22 kembali mendapat malu di hadapan publik sendiri. Setelah di partai perdana ditekuk Australia 1-0, kini tim besutan Aji Santoso dipermak 5-1 saat bentrok dengan Jepang di Stadion Utama Riau, Kamis (12/7).

Di dalam laga tersebut, Indonesia yang turun minus kiper utama, Aji Saka, memang tampil kurang gereget. Dengan kenyataan seperti itu, Indonesia kerap gagal saat membangun serangan.

Sebaliknya, Jepang yang turun dengan pemain berusia 19 tahun, tampil nyaman. Tak mengherankan aliran bola dari kaki ke kaki yang begitu lancar membuat mereka terus menekan Indonesia. Puncaknya pada menit ke-32, Jepang mencetak gol lebih dulu lewat tendangan bebas Kubo.

Tak hanya sampai di situ, Dominasi Samurai Blue di sisa babak kedua membuat kiper Indonesia, Muhammad Ridwan harus kembali memungut bola dari gawangnya. Kubo kembali menjadi aktor setelah sukses memanfaatkan umpan dari sudut lapangan dan membuat Indonesia tertinggal 0-2 hingga turun minum.

Indonesia sendiri pada menit ke-58 bisa menipiskan ketertinggalan menjadi 1-2 setelah bola hasil sepakan Syaiful Indra Cahya dari titik penalti tak bisa dibendung Nakamura Kosuke, kiper Jepang. Akan tetapi, dominasi Jepang yang terus berlanjut membuat satu gol milik Indonesia terasa sia-sia.

Pada menit ke-65, Kubo kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengubah menjadi 3-1 untuk Jepang sebelum pesta gol disempurnakan oleh Matsubara Ken pada menit ke-90 dan Suzuki Ryuga pada menit ke-93. Skor akhir 5-1 untuk Jepang.

Dengan hasil itu, Jepang kian kokoh di puncak klasemen Grup E dengan poin 12 dari empat laga dan pastikan tiket meski masih menyisakan satu pertandingan melawan Australia. Sebaliknya, hasil ini membuat Indonesia melorot ke tempat keempat dengan poin enam sekaligus kian metutup peluang lolos sebagai peringkat tiga terbaik.

Hasil Pertandingan Lain:

Singapura 3-0 Makau (Gol: M. Faris 27', M. Al-Qaasimy 33', M. Aqhari 84')

Timor Leste 0-3 Australia (Gol: Luke Anthony O'Dea 40', Jake Barker-Daish 87', 92')



Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X