Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

3 Second Box, Star Zone, dan Akumulasi Point Break

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 22 Juli 2012 | 21:46 WIB
Permainan trik di LA Lights Streetball.
Nurdiansah/Bolanews
Permainan trik di LA Lights Streetball.

tahun sebelumnya. Tahun ini akan diadakan rangkaian open run yang akan berlangsung di delapan kota besar di tanah air. Sejumlah peraturan juga ditambahkan demi membuat ajang LA Lights Streetball ini semakin atraktif.

Pertandingan LA Lights Streetball lebih mengedepankan skill basket seorang pemain ketimbang permainan tim semata. Jika seseorang mampu memahami dan pintar dalam memainkan trik, maka akan menjadi sebuah keuntungan baginya dalam menghasilkan poin.

Berbeda dengan perhitungan poin dengan pertandingan basket konvesional, perhitungan poin dalam LA Lights Streetball dikenal dengan sebutan point breaker. Yang dimaksud dengan point breaker adalah jika seorang streetballer berhasil melakukan trik dengan sempurna ketika berhadapan atau melewati pemain lawan. Point breaker juga memiliki bobot nilai yang berbeda-beda.

Untuk tahun ini ada penambahan ide-ide baru seperti diberlakukannya 3 second box, star zone, akumulasi point breaker, point breaker city record, 5 second violation, serta penambahan sejumlah gimmick dan kontes individual skill.

3 second box adalah daerah terlarang bagi pemain bertahan berada dalam kotak (key hole) selama tiga detik. Jika dilakukan pertama dalam ball possession maka shot clock akan reset kembali ke 24 detik dan jika dilakukan kembali maka dikenakan technical foul. Tujuan diberlakukannya 3 second box ini untuk mengurangi tim melakukan illegal defense dan memberi kesempatan bagi rim shaker (dunker) untuk melakukan aksi dunk lebih banyak.             

Star zone, jika dalam sebuah tim terdapat dua pemain bintang seperti seorang rim shaker dan handler (jago dribel) handal, maka kedua pemain tersebut akan diberi tanda dengan writsban khusus. Jika kedua pemain itu melakukan ofense dan berada dalam daerah Star Zone maka pemain lawan tidak diperbolehkan untuk melakukan defense double team atau Help ataupun Recover. Jika tim bertahan melakukan hal itu maka akan dikenakan technical foul. Namun, jika sebuah tim tidak memiliki dua pemain kategori rim shaker maka mereka hanya akan mendapatkan satu tanda khusus yang dipakai kepada pemain handler.

Setiap tim tidak hanya akan memperoleh poin dengan memasukan bola ke ring lawan, tapi poin juga akan diperoleh jika pemain mereka sukses melakukan trik kepada pemain lawan. Poin yang diperolah dari hasil trik itu disebut dengan Point Breaker yang besarnya mulai dari 2 hingga 5 poin. Akumulasi Point Breaker bisa diperoleh oleh seorang streetballer jika melakukan trik yang menghasilkan point breaker secara berurutan saat melakukan serangan. Perhitungnnya, jika sukses melakukan trik pertama akan memperoleh 2 poin, trik kedua dapat 3 poin dan seterusnya hingga maksimal 5 poin.


Editor : Eky Rieuwpassa


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X