Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tinggalkan Sepak Bola, Sheva Pilih Dunia Politik

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 28 Juli 2012 | 18:49 WIB
Andriy Shevchenko
Lars Baron/Getty Images
Andriy Shevchenko

Mantan striker AC Milan dan tim nasional Ukraina, Andriy Shevchenko, membuat kejutan. Setelah memutuskan untuk pensiun dari sepak bola usai Euro 2012, Sheva memilih terjun ke dunia politik.

"Mungkin saya akan mengejutkan banyak pihak,'' ujar pria berusia 35 tahun tersebut seperti dilansir situs resmi Dynamo kyiv.

"Untuk kedepannya, masa depan saya jauh dari dunia sepak bola. Saya akan beralih ke dunia politik,'' tambahnya.

Prestasi Sheva tidak diragukan lagi terutama di level klub. Namanya semakin besar ketika bergabung dengan AC Milan di tahun 1999 dari Dynamo Kyiv. Tujuh musim bersama A Rossoneri, Sheva memberikan lima gelar. Dua diantaranya adalah gelar juara Seria A (2003/2004) dan Liga Champion (2003).

Namanya meredup kala bergabung dengan Chelsea di tahun 2006. walaupun begitu, ia turut memberikan dua gelar bagi The Blues, yaitu gelar juara FA dan Carling yang keduanya diraih di tahun 2007.

Ia sempat kembali ke AC Milan dengan status pemain pinjaman selama semusim (2008/2009). Tak mampu bersinar kembali, Sheva dilego kembali ke klub pertamanya, Dynamo Kyiev di tahun 2009.

Prestasinya di klub tak menular keika berbaju timnas Ukraina. Ia tak mampu mempersembahkan gelar bagi negaranya. Namun, ia tetap menjadi pemain legenda Ukraina dengan menorehkan 111 penampilan dan mencetak 48 gol.


Editor : Matias Purwanto


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X