Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sempat Terlempar di 24, Rio Haryanto Finis Ke-12

By Andi Yanianto - Sabtu, 28 Juli 2012 | 21:25 WIB
Rio Haryanto
Andi Yanianto/Bolanews
Rio Haryanto

Terlibat tabrakan di tikungan pertama selepas start dan sempat terlempar hingga posisi 24, Rio Haryanto akhirnya mampu menyelesaikan Feature Race seri GP2 Hungaroring, Sabtu (28/7) dengan finis di posisi 12. Rekan satu timnya, Max Chilton, berhasil meraih kemenangan.

Laporan langsung Andi Yanianto dari Hungaroring, Hongaria

Lomba yang berlangsung dalam cuaca sempurna untuk balap dengan suhu udara 21 derajat celsius dan temperatur trek 44 derajat celcius itu, sejak hasil kualifikasi yang menempatkan Rio di posisi start ke-17, sudah diprediksi akan dilalui Rio dengan sangat berat. Alasannya, Hungaroring dikenal sebagai sirkuit yang membuat pebalap sangat sulit melakukan overtaking karena karakternya.

Start dari posisi 17 sudah sulit bagi pebalap manapun, ditambah tabrakan dengan Rodolfo Gonzalez membuat perjuangan Rio semakin berat. Untung, tabrakan tersebut tidak membuat mobil Rio rusak dan ia dapat melanjutkan lomba. Justru selepas tabrakan Rio tampil luar biasa cepat. Dua kali ia mencetak fastest lap dan yang terakhir di lap 10, catatan waktunya itu sempat bertahan hingga menjelang lomba berakhir. Adalah Simon Trummer yang menumbangkan peluang Rio meraih bonus dua poin dengan mencetak fastest lap saat lomba tersisa lima lap. Trummer memanfaatkan strategi start menggunakan ban prime dan masuk pit di lap-lap akhir. Akibatnya, saat lomba tersisa kurang dari 10 lap, Trummer tampil dengan ban baru yang lebih bisa mencetak fastest lap dibanding pebalap lain.

Trummer juga pebalap yang tiga lap menjelang lomba berakhir mengancam posisi Rio. Dengan ban yang masuk bagus, lap time Trummer lebih cepat sekitar sedetik dibanding Rio. Bagusnya, dengan ketenangan luar biasa, Rio mampu menahan serangan Trummer.

Hasil Lomba Feature Race GP2 Hungaroring 1. Max Chilton  2. Davide Valsecchi +0,6 3. Luiz Razia  +1,5 ... 12. Rio Haryanto +34,7


Editor : Andi Yanianto


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X