Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Raih Dua Poin di Lap Terakhir

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 29 Juli 2012 | 16:25 WIB
Rio Haryanto
Andi Yanianto/Bolanews
Rio Haryanto

Dua poin hasil finis di posisi ketujuh pada Race 2 seri GP2 Hungaroring berhasil diraih Rio Haryanto. Hebatnya, posisi tersebut direbut Rio di lap terakhir dengan sekaligus menyusul Felipe Nasr dan Stefano Coletti.

Start dari posisi 12, Rio punya beban berat untuk mendapat poin di Race 2. Karena, di race yang durasinya lebih pendek dibanding Race 1 (28 lap) dan tanpa pitstop ini, alokasi poin hanya diberikan untuk delapan pebalap terdepan. Artinya, dari posisi aslinya, Rio minimal harus memperbaiki posisinya empat tingkat. Untung saja, start yang dilakukan pebalap asal Solo, Jawa Tengah ini mulus dan dari start ia sudah bisa naik satu posisi.

Sepanjang lomba, Rio banyak berada di belakang rekan satu timnya, Max Chilton dan James Calado. Menjelang akhir lomba, Nasr yang start dari posisi 26 karena di race sebelumnya gagal finis, dengan cepat bisa menempel Rio. Sempat tersusul Nasr, Rio kembali ke posisi 10 setelah Chilton mulai kehabisan ban.

Sejak lomba dimulai, Chilton memang hanya punya satu set ban yang bisa dipakai yaitu set ban option yang sudah bekas pakai, sementara Rio masih punya satu set ban prime baru. Tak heran, setelah beberapa lap di lomba, performa Chilton menurun drastis, sedangkan Rio malah makin bagus.

Saat di performa puncak ban yang dipakainya inilah Rio terlibat pertarungan ketat dengan Nasr dan Coletti. Ketiganya beriringan lebih dari dua lap dan lepas tikungan pertama saat memasuki lap terakhir, manuver Rio mampu menaklukkan dua pesaingnya itu dan finis di posisi ketujuh tanpa mampu dikejar lagi oleh Nasr dan Coletti.

Dua poin ini seperti menutup kisah performa naik turun yang dialami Rio di dua seri berurutan, Hockenheim dan Hungaroring. Sebagai pebalap yang tampil di musim perdananya di ajang GP2, proses menuju kematangan masih harus dilalui Rio paling tidak hingga akhir musim ini.

Hasil Lomba Race 2 GP2 Hungaroring 1. Esteban Gutierrez 43:58,301 2. Nathanael Berthon +3,565 3. Luiz Razia  +15,733 ... 7. Rio Haryanto  +32,336 


Editor : Andi Yanianto


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X