Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persib Tidak Kurangi Kuota Pemain Asing

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 11 Agustus 2012 | 01:17 WIB
Miljan Radovic (tengah)
BOLA
Miljan Radovic (tengah)

PT Liga Indonesia telah menetapkan lima pemain asing boleh memperkuat klub yang berlaga di Indonesia Super League (ISL) yang akan digelar November mendatang. Jumlah tersebut tak ada perbedaan dengan musim sebelumnya dan komposisinya juga tetap sama.

"Kuotanya tetap sama. Tiga pemain non-Asia dan dua pemain Asia. Namun karena untuk menentukan pemain asing tersebut kewenangan pelatih, kami belum bisa memastikan hal itu (untuk Persib Bandung)," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Risha Adhi Wijaya, kepada Tribun, Kamis (9/8/2012).

Risha yang merupakan perwakilan PT PBB dalam pertemuan dengan PT Liga Indonesia saat mengevaluasi ISL 2011/12 dan persiapan musim 2012/13 mengatakan, Persib akan memanfaatkan kuota tersebut sesuai kebutuhan tim.

Ia menegaskan, pelatih baru Persib Bandung yang diberi kewenangan penuh untuk menyusun materi pemain dan komposisi tim serta pemain asing. "Kami memberi kebebasan penuh kepada pelatih nanti. Termasuk menggunakan semua kuota pemain asing atau tidak, kami akan turuti," katanya.

Meski sudah ada kuota dan perekrutannya diserahkan sepenuhnya pada pelatih, lanjut Risha, semua itu akan disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh manajemen.

"Budget-nya memang sudah kami siapkan. Namun yang pasti, kuota pemain asing yang akan bermain di Persib juga disesuaikan dengan anggaran," katanya.

Musim lalu, Persib memakai lima pemain asing. Pada putaran kedua, untuk pemain Asia ada nama Robbie Gaspar (Australia) dan Noh Alam Shah dari Singapura. Sementara pemain non-Asia adalah Abanda Herman (Kamerun), Miljan Radovic (Montenegro) dan Marcio Souza dari Brasil.

Terpisah, pemain Persib Bandung Zulkifli Syukur berharap kuota pemain lokal diperbanyak untuk bermain di Persib Bandung musim depan karena akan memberi dampak positif bagi klub. Selain itu, dengan mengurangi jumlah pemain asing, maka pemain lokal lebih punya kesempatan bermain.

"Pemain lokal ini juga bisa menjadi modal buat timnas untuk memantau pemain berbakat," ujarnya.

Laporan Tribunnews




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X