Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tweet Rio Ferdinand Berbuah Denda Rp 669 Juta

By Octa Kusuma Nugraha - Sabtu, 18 Agustus 2012 | 01:35 WIB
Rio Ferdinand
Oli Scarff/Getty Images
Rio Ferdinand

Bek Manchester United, Rio Ferdinand, didenda 45 ribu pound atau setara 669 juta rupiah oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) terkait komentar berbau rasis yang dituliskan di akun Twitter pribadinya, (@rioferdy5).

Sanksi ini diberikan setelah FA menginvestigasi tweet Rio Ferdinand yang melabeli bek Chelsea, Ashley Cole, sebagai "choc ice" (es krim lapis coklat), yang mengandung arti "Hitam di dalam, putih di luar."

FA mengkonfirmasi bahwa kalimat tersebut mengandung arti yang melecehkan suku, agama, dan ras seseorang. Ferdinand pun mendapat peringatan agar tak mengulangi perbuatannya.

"Komisi independen telah memutuskan bahwa komentar itu tidak layak, dan masuk kedalam kriteria pelanggaran yang berbau suku, warna kulit, dan ras. Ferdinand didenda 45.000 pound, dan mendapat peringatan agar tak mengulanginya kembali," tulis pernyataan resmi FA.

Kicauan "choc ice" Rio Ferdinand ini dipicu lantaran Ashley Cole dianggap membela rekan setimnya yang berkulit putih, John Terry, dalam persidangan yang mendakwa Terry telah melontarkan ucapan rasis terhadap pemain Quuen's Park Rangers, Anton Ferdinand, yang notabene adalah adik Rio.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X